Kalahkan Andy Ruiz Jr, Anthony Joshua Samai Rekor Muhammad Ali

Minggu, 8 Desember 2019 09:56 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Al Bello/Getty Images
Anthony Joshua dan Andy Ruiz Jr saling pukul dalam pertarungan IBF/WBA/WBO. Al Bello/Getty Images Copyright: © Al Bello/Getty Images
Anthony Joshua dan Andy Ruiz Jr saling pukul dalam pertarungan IBF/WBA/WBO. Al Bello/Getty Images

INDOSPORT.COMAnthony Joshua sukses merenggut kembali gelar juara tinju dunia kelas berat WBA/IBF/WBO/IBO sekaligus menyamakan sejarah yang dicetak Muhammad Ali, usai menumbangkan Andy Ruiz Jr, Sabtu (07/12/19) dalam pertarungan yang digelar di Arab Saudi.

Anthony Joshua berhasil meraih kemenangan melalui angka mutlak atau unanimous decision dalam 12 ronde yakni tiga juri memberikan skor 119-109, 118-110, dan 118-110 yang memberikan keunggulan bagi petinju asal Watford, Inggris tersebut.

Pertarungan sengit telah ditunjukan sejak ronde pertama di mulai, di mana Joshua memberikan serangan pukulan kepada Ruiz dan membuat darah segar mengalir di mata kiri rivalnya tersebut.

Namun Andy Ruiz Jr berhasil membalas serangan Joshua pada ronde kedua hingga putaran kelima di mana ia sukses membuat lawannya terluka di mata kirinya usai dipukul dengan teknik dua jab tangan kiri. Tak hanya itu, serangkaian pukulan hook kiri yang kilat sempat membuat Joshua goyah.

Namun pada putaran selanjutnya, Joshua mampu tampil dominan dengan membuat Ruiz kesulitan untuk memberikan perlawanan lantaran pergerakan lawan yang lincah serta mentalitasnya yang tak mudah terpancing emosi.

Hingga akhirnya pada ronde pamungkas keduanya saling ngotot hingga darah harus kembali mengucur diantara keduanya saat memberikan serangan, dan Anthony Joshua pun didapuk sebagai juara.

Kemenangan ini pun menjadi ajang balas dendam bagi Joshua lantaran sebelumnya ia secara mengejutkan dikalahkan oleh Andy Ruiz Jr di pertemuan pertama di Maddison Square Garden, New York, pada Juni lalu.

Tak hanya itu, melansir dari laman BBC, Anthony Joshua berhasil menyamakan rekor yang diraih oleh legenda tinju seperti Muhammad Ali, Lennox Lewis, Floyd Patterson dan Wladimir Klitschko yang berhasil memenangkan kembali gelar juara kelas berat mereka dalam laga rematch langsung.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%