Mengenang Aksi Licik Mike Tyson: Gigit Kuping Evander Hingga Robek

Sabtu, 25 April 2020 15:54 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© GEORGE TIEDEMANN/GETTY IMAGES
Aksi gigitan Mike Tyson ke telinga Evander Holyfield pada ronde ketiga, dalam pertarungan tinju kelas berat, (28/06/1997). Copyright: © GEORGE TIEDEMANN/GETTY IMAGES
Aksi gigitan Mike Tyson ke telinga Evander Holyfield pada ronde ketiga, dalam pertarungan tinju kelas berat, (28/06/1997).

INDOSPORT.COM – Para penggemar olahraga tinju pasti tak akan melupakan pertarungan kontroversional berjuluk "The Bite Fight" antara Evander Holyfield vs Mike Tyson pada tahun 1997 silam.

Bagaimana tidak? Pertandingan rematch tersebut sempat menggemparkan publik lantaran Tyson sempat berbuat licik, dengan mengigit kedua telinga Holyfield hingga berdarah.

Insiden tak terlupakan itu terjadi saat rematch perebutan gelar juara kelas berat WBA yang berlangsung di MGM Grand Garden Arena di Las Vegas, Nevada pada 28 Juni 1997 silam. Tujuh bulan sebelumnya, Holyfield mampu meraih titel tersebut usai menumbangkan Tyson di ronde ke-11.

Sejak laga tersebut dimulai, Holyfield memang sudah tampil dominan, lantaran ia sukses memberikan beberapa pukulan kepada rivalnya yang berjuluk ‘Si Leher Beton’. Tak hanya itu, ia juga mendapatkan lebih banyak dukungan dari penonton.

Bogem mentah termasuk overhand kanan terus dilancarkan oleh Holyfield. Menjelang berakhirnya ronde pertama, Tyson sempat memprotes teknik ilegal Headbutt yang dilakukan oleh rivalnya, namun keluhannya tersebut tak digubris oleh wasit Mills Lane karena dianggap tak sengaja.

Berlanjut ke ronde kedua, Holyfield tampil lebih percaya diri. Sementara Tyson terlihat tak tenang dan nampak frustasi menghadapi lawannya di mana membuat pertandingan tersebut semakin panas.

Memasuki ronde ketiga, Mike Tyson mulai tancap gas dan mencoba membalikkan kedudukan. Sejumlah pukulan jabs dan hook menghiasi laga terakbar pada masanya tersebut. Namun Evander Holyfield yang menggunakan celana putih mampu melakukan defense dengan sangat apik.

Menyisakan waktu 40 detik jelang berakhirnya putaran ketiga, pertarungan mereka semakin sengit. Namun Tyson yang terlihat sangat frustasi secara mengejutkan langsung menggigit telingan sebelah kanan Holyfield hingga kulit tulang rawan di bagian atas telinga robek sepanjang 2 cm.

Sontak jawara WBA itu langsung mengerang kesakitan, sementara Tyson terlihat meludahkan robekan kulitnya tersebut. Tensi laga semaki memanas setelah Tyson mendorong Holyfield yang akan menuju sudut ring.

Pertempuran pun dihentikan sementara waktu usai Holyfield menunjukan telinganya. Wasit Mills Lane juga mengumumkan ia akan mengurangi dua poin dari Tyson dan pertarungan kembali dilanjutkan.

Entah apa yang merasuki Tyson, saat pertandingan ronde ketiga hendak diselesaikan, ia malah mengulangi aksi tak suportifnya, kali ini dengan kembali menggigit bagian telinga kiri lawannya.

Kemudian sang wasit terpaksa menghentikan pertandingan yang mengisakan 10 detik lagi. Kemudian Mills Lane memutuskan untuk mendiskualifikasi Tyson dan memberikan kemenangan bagi Holyfield.

Aksi tak suportif itu membuat otoritas tinju Nevada memutuskan untuk mengevaluasi legenda asal Amerika Serikat, di mana Tyson kedapatan melakukan aksi licik dengan menggunakan clinch atau gerakan mendekati atau memeluk lawan, untuk menggigit kuping Holyfield.

Selain didiskualifikasi dan gagal meraih juara WBA di laga balas dendamnya, Mike Tyson juga harus mendapatkan hukuman skorsing selama setahun dan hukuman denda senilai 3 juta dolar AS (Rp46 miliar).

Tyson sendiri membantah aksi liciknya dan bersikeras luka di telinga Holyfield berasal dari pukulan. Pertarungan tersebut menjadi salah satu pertandingan tinju yang tak akan pernah terlupakan.

Evander Holyfield sendiri memutuskan pensiun dari dunia tinju pada 5 Mei 2011 silam dan meraih rekor 44-10-2-1. Sementara Mike Tyson sendiri pensiun pada 2005 dan mengukir catatan nilai 50-6-0.