4 Kegilaan Ini Jadi Bukti Mike Tyson Bukan Sekadar Petinju Biasa di Dunia

Selasa, 5 Mei 2020 16:33 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COMMike Tyson bukan hanya dikenal sebagai salah satu petinju terhebat di dunia, namun juga sebagai sosok yang penuh kontroversi lantaran kerap melakukan hal-hal gila.

Selain namanya dikenal sebagai seorang petinju yang mencatatkan rekor sebagai juara kelas berat termuda di dunia, yang diraihnya pada usia 20 tahun. Namun, ia juga merupakan petinju yang cukup nyentrik lantaran kerap melakukan hal-hal di luar nalar.

Namun, ada empat hal gila yang pernah ia lakukan yang paling diingat oleh para penggemar juara tinju divisi WBA, WBC, dan IBF tersebut, yang kerap kali membuat orang lain heran dibuatnya.

Hajar promotornya sendiri

Hal pertama kelakuan gila yang dikenang dari Mike Tyson ialah ia pernah menghajar promotornya sendiri yakni Don King, dengan cara menendang pria yang mendampinginya di masa jayanya.

Momen tersebut terjadi saat keduanya melakukan pertemuan, untuk membahas agar Don King kembali mempromosikannya lagi di kelas berat. Namun, entah perkataan apa yang membuat Tyson kesal atas pernyataan sang promotor yang sukses membuatnya naik pitam.

Sontak tanpa pikir panjang, dan rasa amarah memenuhi tubuhnya, petinju berjuluk Si Leher Beton itu langsung menendang kepala Don King dengan keras.

Bayar Rp150 Juta untuk Duel dengan Gorila Buas

Kelakuan di luar nalar lainnya yang dilakukan pentinju asal Amerika Serikat tersebut ialah rela membayar uang Rp150 juta untuk menyogok penjaga kebun binatang demi dirinya bisa berduel dengan seekor gorila buas.

Menurut penuturan Tyson, ia hampir saja menghajar seekor gorila silverback (pungguh putih) yang terkenal buas dan paling kuat diantara jenisnya. Pasalnya, ia merasa terganggu dengan aksi intimidasi yang dilakukan hewan tersebut saat dirinya tengah berkencan dengan mantan istrinya, Robin Givens.

Namun, aksi tersebut gagal dilakukannya lantaran sang penjaga kebun binatang menolak permintaan tersebut, demi menjaga keselamatan Tyson dan gorila buas itu.

Gigit Telinga Lawan

Kisah tentang pertandingan pertarungan tinju kontroversional berjuluk "The Bite Fight" antara Evander Holyfield vs Mike Tyson pada tahun 1997 silam, masih menjadi salah satu bukti kebrutalan Si Leher Beton.

Pertandingan rematch tersebut sempat menggemparkan publik lantaran Tyson sempat berbuat licik dan tak suportif, dengan mengigit kedua telinga Holyfield hingga berdarah, sebagaimana dilansir dari laman Sportbible.

Insiden tak terlupakan itu terjadi saat rematch perebutan gelar juara kelas berat WBA yang berlangsung di MGM Grand Garden Arena di Las Vegas, Nevada pada 28 Juni 1997 silam. Momen tersebut membuat Tyson mendapatkan hukuman diskualifikasi dan lisensi tinjunya harus ditangguhkan.

Gunakan Kokain seperti Minuman Pop Ice dan Sebelum Bertanding

Mike Tyson dikenal sebagai petinju yang mengalami masalah dengan obat-obatan terlarang sejak kecil. Bahkan, ia sudah mengonsumsi ganja sejak berusia 7 tahun, lantaran akibat pengaruh keluarganay sendiri.

Namun, semuanya berubah menjadi tak terkendali saat dirinya kencanduan obat terlarang seperti kokain, terutama saat masa kejayaannya di atas ring tinju.

Tak hanya itu, ia pernah membawa kokain lengkap dengan sebuah sedotan, seperti membawa sebuah minuman Pop Ice sebelum bertanding dan berhadapan dengan lawannya.