Mike Tyson dan 4 Pertandingan Tinju yang Tembus 1,5 Juta Lebih Penonton

Senin, 11 Mei 2020 18:25 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Jamie Squire/Getty Images
Legenda tinju dunia Mike Tyson pernah membuat catatan dari 4 pertandingannya sukses menembus 1,5 juta lebih penonton televisi (tv) kabel. Copyright: © Jamie Squire/Getty Images
Legenda tinju dunia Mike Tyson pernah membuat catatan dari 4 pertandingannya sukses menembus 1,5 juta lebih penonton televisi (tv) kabel.

INDOSPORT.COM - Legenda tinju dunia Mike Tyson pernah membuat catatan dari 4 pertandingannya sukses menembus 1,5 juta lebih penonton televisi (tv) kabel.

Legenda asal Amerika Serikat itu menjadi salah satu eks petinju dunia yang mampu mencatatkan sejumlah rekor luar biasa semasa masih aktif bertanding dulu.

Tyson juga mampu mengalahkan lawan-lawannya, tepatnya 19 pertarungan profesional dengan hasil KO. 12 diantaranya sukses dihajar pada babak pertama.

Eks petinju yang mendapat julukan The Iron ini sukses membuat 50 kemenangan (44 menang KO) dan enam kali kalah sepanjang berkarier profesionalnya.

Saat masih aktif, Mike Tyson memiliki lawan-lawan tangguh dalam sosok Muhammad Ali, Buster Douglas, Evender Holyfield sampai Lennox Lewis.

© Sean Dempsey - PA Images/PA Images via Getty Images
Mike Tyson tersungkur di pertarungan melawan Danny Williams Copyright: Sean Dempsey - PA Images/PA Images via Getty ImagesMike Tyson tersungkur di pertarungan melawan Danny Williams.

Mike Tyson menyatakan pensiun dari dunia tinju pada 2005 silam beberapa waktu usai kalah dari Kevin McBride, tepatnya menginjak usia 38 tahun.

Kini Mike Tyson dikenal sebagai pengusaha ganja kaya raya di Amerika Serikat. Lantaran tiap bulan bisa meraup uang hingga miliaran rupiah.

Kabar terbaru mencuat kalau Mike Tyson bakal kembali naik ke ring tinju untuk melakoni pertandingan amal pasca wabah virus corona (COVID-19) berakhir,

Sang pelath Rafael Corderio menjelaskan andai Tyson balik ke atas ring, maka anak didiknya itu bisa sangat mematikan terhadap lawan.

"Saya sudah pernah berlatih dengan petinju kelas berat lain, tapi ini berbeda karena hook-nya masih bisa membunuh orang," jelas Rafael dikutip Talk Sport, Rabu (06/05/20).

Meski akan kembali ke ring dan juga memiliki rekam jejak mentereng di dunia tinju. Namun ada catatan menarik kala Tyson masih aktif dulu.

Sebab pada era 90-an pertandingan Mike Tyson paling ditunggu oleh publik. Tak jarang tiket pertandingan habis terjual sebelum hari laga.

Beberapa stasiun televisi kabel di Amerika Serikat (dan dunia) juga berlomba-lomba untuk bisa menayangkan pertandingan Mike Tyson.

Tak jarang, setiap pertandingan Mike Tyson para perusahaan televisi (tv) ini meraup jumlah penonton yang sangat banyak, beberapa ada yang lebih dari 1,5 juta penikmat.

1. Mike Tyson vs Peter McNeeley

© Michael Brennan/Getty Images
Legenda tinju Mike Tyson saat ditangkap pihak kepolisian Amerika Serikat. Copyright: Michael Brennan/Getty ImagesLegenda tinju Mike Tyson saat ditangkap pihak kepolisian Amerika Serikat.

Pertandingan tinju Mike Tyson vs Peter McNeeley menjadi salah satu laga yang mampu menyedot 1,6 juta penonton tv kabel Amerika Serikat berdasarkan laporan The Montgomery Advertiser.

Laga Mike Tyson vs Peter McNeeley bertajuk "He's Back" pada 19 Agustus 1995 silam. Kala itu Tyson kembali ke ring tinju pasca mendekam dipenjara.

Partai yang berlangsung di MGM Grand Garden Arena, Nevada itu sukses membuat Tyson menang dari McNeeley pada babak pertama dari 10 ronde.

2. Mike Tyson vs Evender Holyfield

© GEORGE TIEDEMANN/GETTY IMAGES
Aksi gigitan Mike Tyson ke telinga Evander Holyfield pada ronde ketiga, dalam pertarungan tinju kelas berat, (28/06/1997). Copyright: GEORGE TIEDEMANN/GETTY IMAGESAksi gigitan Mike Tyson ke telinga Evander Holyfield pada ronde ketiga, dalam pertarungan tinju kelas berat, (28/06/1997).

Berikutnya ada pertandingan Mike Tyson vs Evender Holyfield dengan tema "Finally". Sebab dua petinju ini memang telah diharapkan segera bertemu.

Laga Mike Tyson vs Evender Holyfield sukses meraup 1,6 juta penonton tv kabel Amerika Serikat, 16 Maret 1996 silam, menurut data The Montgomery Advertiser.

Pertandingan tersebut dimenangkan Holyfield usai Tyson mendapat TKO pada ronde ke-11. Tyson pun harus kehilangan gelar kelas berat WBA.

3. Mike Tyson vs Evender Holyfield (jilid 2)

© GETTY IMAGES
Pertandingan antara Mike Tyson vs Evander Holyfield yang diadakan di ring tinju MGM Grand Arena, Caesar Oalace, Las Vegas, itu berakhir dengan kericuhan. Copyright: GETTY IMAGESPertandingan antara Mike Tyson vs Evander Holyfield yang diadakan di ring tinju MGM Grand Arena, Caesar Oalace, Las Vegas, itu berakhir dengan kericuhan.

Lalu ada Mike Tyson vs Evender Holyfield jilid 2 yang juga sukses mendulang kurang lebih 1,99 juta penonton tv kabel menurut laporan Boxing Scene.

Pertandingan ini turut membuat Holyfield kembali menang atas Tyson usai The Iron didiskualifikasi karena menggigit telinga jawara kelas berat WBA itu.

Tyson kalah pada ronde ke-3. Laga tersebut berlangsung di MGM Grand Garden Arena, Paradise, Nevada, Amerika Serikat, 28 Juni 1997 silam.

4. Lennox Lewis vs Mike Tyson

© Jeff Haynes/AFP via Getty Images
Mike Tyson vs Lennox Lewis dalam pertandingan tinju. Copyright: Jeff Haynes/AFP via Getty ImagesMike Tyson vs Lennox Lewis dalam pertandingan tinju.

Terakhir ada pertandingan bergengsi antara Lennox Lewis vs Mike Tyson. Laga bertema "Lewis-Tyson Is On" mampu meraup 1,97 juga penonton tv kabel menurut Boxing Scene.

Laga Lennox Lewis vs Mike Tyson berlangsung di The Pryramid, Memphir, Tennessee, Amerika Serikat, 8 Juni 2002. Pertarungan tersebut berjalan panas.

Akan tetapi Lewis sukses mengalahkan Tyson dengan status KO pada ronde ke-8. Sehingga Lewis sukses mempertahankan gelar WBC, IBF, IBO, dan The Ring.