Masih Dalam Pengaruh Kokain, Mike Tyson Nekat Bertarung di Atas Ring

Senin, 1 Juni 2020 22:12 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Focus on Sport/Getty Images
Mike Tyson pernah bertarung dalam kondisi ngefly akibat konsumsi kokain. Copyright: © Focus on Sport/Getty Images
Mike Tyson pernah bertarung dalam kondisi ngefly akibat konsumsi kokain.

INDOSPORT.COMMike Tyson harus diakui merupakan salah satu petinju terbaik yang pernah tercatat dalam sejarah. Namun, tahukah kalian jika ternyata “The Baddest Man on The Planet” ini pernah bertanding dalam kondisi nge-fly akibat pengaruh kokain?

Hal tersebut nyata terjadi. Percaya atau tidak Tyson pernah bertarung di atas ring dalam kondisi setengah tiang, antara sadar dan tidak sadar akibat penggunaan kokain yang dia konsumsi sebelum pertandingan dimulai.

Kejadian tersebut terkuak melalui buku autobiografi miliknya yang berjudul Undisputed Truth. Dalam bukunya, Tyson mengakui kejadian tersebut terjadi pada bulan Juni tahun 2000 ketika dirinya dijadwalkan untuk bertarung melawan Lou Savarese di kota Glasgow.

Saat itu dirinya mengakui baru saja mengonsumsi kombinasi kokain dan ganja sebelum bertanding melawan Lou Savarese. Untuk mengakali tes urin yang diadakan sebelum pertandingan, Si Leher Beton ini secara licik mengakalinya dengan menggunakan penis palsu.

“Saya menghisap ganja dan memakai kokain sebelum pertandingan tersebut dimulai. Saya harus memakai penis palsu untuk bisa melalui tes urin yang diadakan sebelum pertandingan dimulai,” ujar Tyson.

Kelakuan bandel Tyson tersebut dilakukan di pertandingan ketiganya usai dinyatakan bebas setelah 9 bulan absen akibat dipenjara karena melakukan kekerasan pada dua pesepeda motor.

Meskipun sedang dalam kondisi nge-fly, Tyson berhasil mengandaskan perlawanan Savarese hanya dalam waktu 38 detik. Catatan waktu kemenangan tercepat kedua sepanjang kariernya di dunia tinju.