Ngeri! Saat 13 Tahun, Mike Tyson Mampu Bikin KO Remaja Berusia 17 Tahun

Rabu, 10 Juni 2020 08:19 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Ada kisah menarik terkait pertandingan pertama yang dilakoni Mike Tyson ketika legenda tinju kelas berat tersebut masih berusia 13 tahun. Saat itu, dirinya diketahui melangsungkan duel dengan lawan yang berusia 17 tahun.

Pertandingan pertama Mike Tyson tersebut digambarkan oleh pelatihnya saat itu, Teddy Atlas sebagai suatu momen yang mirip dengan film Hollywood. Secara brutal dan tanpa ampun, Si Leher Beton belia mampu membuat KO lawannya yang berusia 4 tahun lebih tua darinya.

Saat itu, dirinya baru saja merampungkan latihan intensif yang dipandu oleh Cus D’Amato, Teddy Atlas, dan Kevin Rooney. Tyson remaja menghabiskan waktu beberapa bulan untuk berlatih dasar-dasar tinju setelah ditemukan di pusat rehabilitasi anak.

“Setelah melakoni latihan selama beberapa bulan, saya berpikir jika Tyson telah siap untuk melangsungkan duel debutnya,” ujar Atlas dalam salah satu sesi podcast pribadinya yang bernama THE FIGHT.

Menurut Atlas saat itu dirinya agak kesulitan untuk menemukan lawan sparring yang cocok bagi Tyson. pasalnya, di usianya yang baru menginjak 13 tahun, bobot tubuh Tyson telah menginjak angka 88 kilogram.

© thesun.co.uk/gettyimages
Teddy Atlas adalah pelatih pertama Mike Tyson. Copyright: thesun.co.uk/gettyimagesTeddy Atlas adalah sosok pelatih pertama Mike Tyson.

“Saya bertanya-tanya pada diri saya sendiri, di belahan bumi mana saya dapat menemukan lawan seusianya yang memiliki bobot yang sama dengan dirinya,” katanya.

Akhirnya Atlas memutuskan untuk memberinya lawan yang berusia 17 tahun. Saat itu, dirinya juga mengaku terpaksa berbohong dan mengatakan jika Tyson telah berusia 18 tahun.

Bang, bang, bang, Tyson secara brutal menghabisi lawannya yang lebih tua tersebut dengan kombinasi pukulan mematikan. Lalu, dirinya memberikan hook kiri yang keras yang membuat lawannya tersungkur jatuh keluar dari ring tinju,” ucap Atlas.

Bagi Atlas momen tersebut adalah salah satu momen terindah di hidupnya. Melihat petinju didikannya dengan brutal menghabisi lawan yang berusia jauh lebih tua darinya adalah momen yang kemungkinan besar hanya terjadi di dalam film Hollywood.

Dan momen tersebut menandai kelahiran seorang legenda yang sangat amat ditakuti di atas ring tinju. Beberapa tahun berselang, bocah itu berhasil mencatatkan rekor sebagai peraih gelar juara dunia tinju kelas berat termuda yang sampai saat ini belum bisa dipecahkan oleh siapapun.