Muhammad Ali Sebut Petinju Ini Punya Pukulan Keras dan Dahsyat

Jumat, 12 Juni 2020 09:52 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Lanjar Wiratri
© Rabih Moghrabi/AFP via Getty Images
Bagi Muhammad Ali, petinju yang memiliki pukulan terkeras sepanjang sejarah tak lain dan tak bukan adalah Earnie Shavers. Copyright: © Rabih Moghrabi/AFP via Getty Images
Bagi Muhammad Ali, petinju yang memiliki pukulan terkeras sepanjang sejarah tak lain dan tak bukan adalah Earnie Shavers.

INDOSPORT.COM – Siapa petinju yang memiliki pukulan terkeras sepanjang sejarah? Bagi Muhammad Ali, petinju yang memiliki pukulan terkeras sepanjang sejarah tak lain dan tak bukan adalah Earnie Shavers.

Saking kerasnya pukulan Shavers, Muhammad Ali bahkan pernah benar-benar kepayahan kala menghadapi dirinya pada tahun 1977. Padahal saat itu laga baru saja memasuki ronde kedua.

Dilansir dari talkSPORT, mungkin nama Shavers kalah mentereng jika dibandingkan dengan nama Mike Tyson, George Foreman, Larry Holmes, Joe Frazier, atau nama Ali. Namun, dirinya dipandang sebagai salah satu petinju yang memiliki pukulan terkeras yang tercatat sepanjang sejarah.

Pukulan keras Shavers mulai terkenal ketika dirinya secara mengejutkan berhasil mengandaskan Jimmy Ellis dalam sebuah pertarungan yang berlangsung pada tahun 1973.

Ellis difavoritkan untuk menang dalam duel tersebut, tetapi nyatanya uppercut keras dari Shavers yang mengarah ke dagunya membuat salah satu petinju yang ditakuti di Amerika Serikat itu tersungkur di ronde pertama.

Hanya memilik tinggi badan kurang lebih 182 cm, Shavers bukan sosok petinju yang bertubuh besar. Bahkan dirinya termasuk kecil untuk ukuran petinju yang berlaga di kelas berat. Tetapi kekuatan tangannya membuat dirinya ditakuti meskipun memiliki tubuh yang relatif lebih kecil dari lawan-lawannya.

Bahkan dalam salah satu kesempatan wawancara, Muhammad Ali pernah mengungkapkan betapa keras dan dahsyat pukulan Shavers kepadanya.

"Earni memukul saya dengan sangat keras, bahkan anak saya yang sedang berada di Afrika ikut merasakan getarannya," canda Ali.

Meskipun tak pernah memenangi gelar juara dunia tinju kelas berat sepanjang karienya, namun Shavers pernah beberapa kali mengandaskan perlawanan mantan juara dunia.  Vicente Rondon, Jimmy Ellis, dan Ken Norton menjadi korbannya di luar Muhammad Ali yang kagum dengan pukulannya.