Ada Guru Mike Tyson, Ini Daftar 10 Petinju Terbaik dalam Sejarah

Minggu, 21 Juni 2020 16:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Donald Kravitz/Getty Images
Berikut ini daftar 10 pelatih tinju terbaik di dunia. Diantaranya pernah membawa Muhammad Ali dan Mike Tysonjadi legenda tinju sepanjang masa. Copyright: © Donald Kravitz/Getty Images
Berikut ini daftar 10 pelatih tinju terbaik di dunia. Diantaranya pernah membawa Muhammad Ali dan Mike Tysonjadi legenda tinju sepanjang masa.

INDOSPORT.COM – Berikut ini daftar 10 pelatih tinju terbaik di dunia. Beberapa diantaranya pernah membawa Muhammad Ali dan Mike Tyson jadi legenda tinju sepanjang masa.

Seorang pelatih tinju bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Selain melatih dari sisi teknis, dia juga punya peran penting dalam membangkitkan mental bertarung anak didiknya.

Jelas, pekerjaan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Orang yang ditunjuk sebagai pelatih harus menyusun strategi menjelang pertarungan anak didiknya.

Di sisi lain, strategi dan kemampuan fisik atlet tinju sangat menentukan kesuksesan berkariernya. Untuk itulah, atlet akan kesulitan menentukan taktik dalam bertanding jika tidak dibantu pelatih.

INDOSPORT merangkum deretan pelatih berikut yang terpilih sebagai yang terbaik karena berhasil membawa petinju didikannya meraih prestasi mentereng:

1. Cus D’Amato

Cus D’Amato adalah penemu sekaligus orang pertama yang yakin Mike Tyson bakal jadi petinju besar. Berkat polesan tangan dinginnya, Mike Tyson berhasil meraih 11 kemenangan di dalam karier profesionalnya.

Setelah D’Amato meninggal dunia, Tyson mendapat warisan tinju yang amat penting. Tidak hanya Mike Tyson, D’Amato juga berjasa mengantarkan Jose Torres dan Floyd Patterson jadi juara dunia tinju.

2. Eddie Futch

Sebelum jadi pelatih, Eddi Futch mengalami kisah kelam sebagai petinju karena dia memiliki riwayat penyakit jantung. Futch kemudian memilih berkarier dari pelatih untuk menuntaskan hasratnya.

Dia memiliki tangan dingin yang memoles bakat petinju amatiran jadi kelas dunia, sebut saja Trevor Berbick, Riddick Bowe, Joe Frazier, Larry Holmes, Ken Norton, dan Freddie Roach.

Di antara anak didiknya itu, ada empat dari lima petinju yang sukses menaklukkan Muhammad Ali sepanjang kariernya.

3. Freddie Roach

Berkat warisan Eddie Futch, Freddie Roach akhirnya merambah jadi pelatih usai pensiun sebagai petinju. Terlebih, dia memiliki penyakit Parkinson yang memaksanya mengakhiri karier profesionalnya.

Untuk mengurangi gejala dan memperlambat penyakitnya, Roach rutin berlatih di gum. Pelatih 60 tahun ini dikenal suskes memoles Manny Pacquiao sebagai salah satu petinju terbesar.

Selain Pacquiao, Roach juga pernah melatih beberapa petinju top lainnya seperti Oscar de la Hoya, Virgil Hill, Wladimir Klitschko. Mike Tyson juga pernah mencicipi tangan dingin Roach.

4.  Ignaciu Beristain

Ignacio Beristain merupakan pelath tinju Meksiko terbesar sepanjang masa. Dia pernah mengasah bakat Oscar de la Hoya, Gilberto Romain, dan Juan Manuel Marquez.

Juan Manuel Marquez sendiri merupakan musuh bebuyutan Manny Pacquiao di atas ring. Keduanya pernah empat kali bertarung dengan hasil Marquez menang 1 kali, imbang 1 kali, dan kalah 2 kali.

5. Lou Duva

Petinju top seperti Evander Holyfield, Lennox Lewis, dan Tony Tucker, pernah mencicipi tangan dingin pelatih tinju handal, Lou Duva.

Dia punya gaya melatih yang menuntut anak didiknya bertarung secara agresif. Tak heran, anak didiknya kerap memberikan hasil pertarungan yang menarik tiap kali duel.

6. Emanuel Steward

Emannuel Steward punya gaya melatih yang agresif dan kerap membuat anak didiknya menang secara knockout. Beberapa petinju top dunia yang pernah dilatih olehnya, seperti Wladimir Klitschko dan Lennox Lewis.

Berkat tangan dingin Swatrd, Klitschko jadi petinju yang mendominasi kelas berat. Selama berkarier, Klitschko berhasil menjadi juara kelas berat sejak tahun 2006 hingga 2015.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%