Akhir Karier Buster Douglas, Petinju yang Hancurkan Mike Tyson dan Balas Dirusak Evander Holyfield

Senin, 6 Juli 2020 20:27 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Lanjar Wiratri
© Takeo Tanuma/Sports Illustrated via Getty Images
Nama Buster Douglas mencuat usai menjadi penghancur Mike Tyson. Namun, kariernya di tinju profesional hancur karena Evander Holyfield. Copyright: © Takeo Tanuma/Sports Illustrated via Getty Images
Nama Buster Douglas mencuat usai menjadi penghancur Mike Tyson. Namun, kariernya di tinju profesional hancur karena Evander Holyfield.

INDOSPORT.COM - Nama Buster Douglas mencuat usai menjadi penghancur Mike Tyson. Namun, kariernya di tinju profesional hancur karena Evander Holyfield.

Dilansir dari Sportscasting, pertarungan tinju antara Buster Douglas melawan Mike Tyson di Tokyo pada tahun 1990 silam berakhir seperti cerita dongeng Cinderella. Bagaimana tidak, Douglas yang tidak diunggulkan nyatanya mampu mengalahkan Si Leher Beton dengan pukulan knock out (KO) di ronde ke-10.

Saat itu, Mike Tyson punya rekor bertanding 37-0. Douglas pun sempat jatuh ketika terkena pukulan Tyson di ronde ke-8. Tak menyerah, Douglas bisa membalikkan keadaan dengan menjatuhkan Tyson di ronde 10 yang akhirnya membuatnya memenangkan pertarungan.

Akhirnya Buster Douglas menjadi petinju pertama yang mengalahkan Mike Tyson dan ia dinobatkan sebagai juara kelas berat dunia kala itu.

Meski demikian, kejayaan Douglas di dunia tinju tak bertahan lama. Adalah Evander Holyfield yang berhasil menghancurkan Douglas. Sebenarnya Holyfield dijadwalkan bertarung dengan Mike Tyson. Namun, rencana itu berubah karena Tyson mati kutu saat menghadapi Douglas.

Ketika Douglas menghadapi Holyfield, ia mengalami penambahan berat badan sebanyak 15 pound dan hal itu membuatnya bertarung lebih lambat.

Hal tersebut berhasil dimanfaatkan oleh Holyfield yang akhirnya memangkan pertarungan dengan KO pada ronde ke-3. Holyfield mampu melayangkan pukulan uppercut ke arah dagu Douglas yang membuatnya langsung terbaring di atas ring.

Wasit pun akhirnya melakukan hitungan dan memutuskan Holyfield sebagai juara usai mempecundangi penghancur Mike Tyson yang bernama Buster Douglas.

Usai kalah dari Holyfield, Douglas semakin gemuk dan beratnya mencapai 181 kilogram. Ia sempat dirawat di rumah sakit dan kehilangan 68 kilogram. Hingga akhirnya Douglas memutuskan pensiun dari tinju profesional.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%