Mengenang Aksi Daud Yordan Saat Persembahkan Kemenangan untuk HUT RI

Senin, 17 Agustus 2020 18:18 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Daud Yordan dengan sabuk gelar juara WBO Asia Pacific Lightweight Championship Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Daud Yordan dengan sabuk gelar juara WBO Asia Pacific Lightweight Championship

INDOSPORT.COM – Petinju nasional, Daud Yordan ternyata pernah melakukan aksi mulia, yakni mempersembahkan kemenangan sebagai kado untuk hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Momen tersebut terjadi saat Daud bertarung melawan Aekkawee Kaewmanee selaku petinju tuan rumah dalam pertarungan kelas lightweight WBC International Challenge yang berlangsung di Pattaya, Thailand pada 4 Agustus 2019 lalu.

Petinju berjuluk Cino tersebut mampu meraih kemenangan lewat keputusan RTD (referee technical decision) setelah Kaewmanee memutuskan untuk menyerah saat ronde keenam akan dimulai.

Daud yang memang mempersiapkan diri dengan matang, mampu bertanding dengan tenang di ronde pertama. Ia berhasil melakukan defense dengan baik meski mendapatkan gempuran dari lawannya dan beberapa kali sempat melakukan serangan secara efektif.

Ronde kedua, Daud mulai bertinju lebih agresif dengan memberikan pukulan kombo kepada lawannya terutama uppercut yang begitu keras dan terus menyudutkan Kaewmanee di atas ring.

Ronde ketiga, body shot yang terus dilancarkan oleh Daud membuat lawannya nampak kesulitan untuk melawan.namun pertandingan semakin menarik kala jual beli pukulan terjadi di akhir ronde dan membuat petinju tuan rumah terlihat sempat terjatuh.

Ronde keempat, uppercut yang coba dilakukan oleh sang lawan mampu dihindari dengan baik oleh Daud. Hook dan jabs yang baik dari petinju Tanah Air dilancarkan sebagai balasan setelah Kaewmanee mencoba memberikan long hook, namun lagi-lagi berhasil di tepis oleh Daud.

Ronde kelima, Kaewmanee mencoba memberikan perlawan sembari menunjukkan gesture sedikit mengejek. Daud yang nampak mulai lelah terlihat sedikit oleng apalagi kala mendapatkan bodyshot dari lawannya, namun ia berhasil defense dengan sangat baik.

Namun saat hendak memasuki ronde keenam, Aekkawee Kaewmanee memutuskan untuk melanjutkan pertarungan karena mengalami cedera pada pergelangan tangannya. Hingga akhirnya Daud merebut sabuk gelar juara WBC International Challenge.

Ia pun mempersembahkan gelar ini untuk kado di hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-74. Tak hanya itu, ia mencatatkan rekor pribadi yakni tak pernah kalah dari petinju Thailand, dan menjadi atlet Tanah Air pertama yang bisa mengalahkan Aekkawee.

Tercatat, Daud Yordan memiliki rekor kemenangan sangat baik sepanjang kariernya menjadi petinju profesional yakni 40-4-0. Pertarungan terakhirnya ialah menang saat melawan Michael Mokoena pada 17 November 2019 lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%