Resmi Pamit dari Dunia Tinju, Ini 3 Pasang Surut Karier Manny Pacquiao

Kamis, 30 September 2021 12:00 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Steve Marcus/Getty Images
Manny Pacquiao, petinju profesional asal Filipina, baru saja mengumumkan pensiun dan ucap salam perpisahan. Copyright: © Steve Marcus/Getty Images
Manny Pacquiao, petinju profesional asal Filipina, baru saja mengumumkan pensiun dan ucap salam perpisahan.

INDOSPORT.COM - Mengenang tiga momen pasang surut karier petinju legendaris asal Filipina, Manny Pacquiao.

Manny Pacquiao baru saja mengumumkan pensiun dari dunia tinju guna maju sebagai calon presiden Filipina.

Pengumuman tersebut disampaikan lewat akun media sosialnya pada Rabu (29/09/21). Tidak menulis banyak, ia hanya menyematkan tulisan “Goodbye Boxing” dalam caption videonya di laman Instagram.

Goodbye Boxing. Memang hanya dua kata singkat, namun telah mewakili isi hati Manny Paqcuiao yang benar-benar ingin menyudahi sepak terjangnya di ring tinju.

Lewat video berdurasi kurang lebih 14 menit tersebut, PacMan mengatakan bahwa tinju selalu menjadi passion-nya dalam hidup. Ia juga sangat senang dan bangga bisa mewakili Filipina lewat olahraga adu kuat ini.

“Sulit bagi saya untuk menerima, bahwa waktu saya sebagai petinju telah berakhir. Hari ini saya mengumumkan pensiun, benar-benar tidak menyangka waktu ini akhirnya datang juga,” ucap Manny Pacquiao.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada rekan-rekannya di dunia tinju dan juga pentolan Top Rank, Bob Arum, yang telah menemani perjalanan kariernya selama jadi petinju profesional.

Lalu tidak ketinggalan pula, orang-orang terdekat serta seluruh penggemar olahraga tinju di seluruh dunia. Manny Pacquiao sadar bahwa ia bisa jadi legenda hebat seperti sekarang, salah satunya juga karena dukungan mereka.

“Saya sangat mengapresiasi cinta dan dukungan kalian. Terima kasih telah mendoakan saya ketika melihat pertarungan saya dari tahun ke tahun,” ujar PacMan.

Manny Pacquiao mengakhiri karier tinjunya dengan rekor 62-8-2 (39 KO), memenangkan 12 gelar dunia dari delapan kelas berbeda. Bahkan, ia tercatat sebagai satu-satunya petarung yang berhasil menorehkan prestasi ini.

Terakhir kali Manny Pacquiao naik ring sebelum pensiun adalah bulan lalu saat melawan Yordenis Ugas di T-Mobile Arena.

Petinju asal Kuba tersebut mengungguli PacMan dengan menang angka mutlak dan mempertahankan gelar welter (66,6kg) WBA Super-nya.