4 Fakta Menarik Sosok Oleksandr Usyk, Raja Baru Tinju Kelas Berat

Sabtu, 2 Oktober 2021 20:53 WIB
Editor: Juni Adi
© inews
Petinju asal Ukraina, Oleksandr Usyk. Copyright: © inews
Petinju asal Ukraina, Oleksandr Usyk.

INDOSPORT.COM - Berikut beberapa fakta menarik sosok Oleksandr Usyk. sang raja baru tinju di kelas berat usai mengalahkan Anthony Joshua.

Nama Oleksandr Usyk mendadak meroket akhir-akhir ini di dunia tinju internasional, lantaran ia berhasil menjadi juara baru tinju kelas berat usai mengalahkan Anthony Joshua pada Minggu (26/09/21) kemarin.

Pertandingan tersaji di Tottenham Hotspur Stadium, dengan dihadiri 66.267 orang. Usyk keluar sebagai juara setelah menang angka mutlak.

Juri memberikan nilai 117-112, 116-112, 115-113 dalam pertarungan 12 ronde. Hasil ini membuat Anthony harus kehilangan sejumlah sabuk juaranya, WBA Super, WBO, IBF dan IBO ke tangan Usyk.

Sementara untuk Usyk, keberhasilan menaklukan petinju asal Inggris itu membuatnya melanjutkan kejayaan Ukraina di nomor tinju kelas berat setelah Klitschko bersaudra.

Oleksandr Usyk juga menjadi petinju ketiga yang berhasil menjadi juara dunia di kelas penjelajah dan kelas berat, setelah sebelumnya hanya Evander Holyfield and David Haye yang mampu melakukannya.

Lantas, seperti apa sosok Oleksandr Usyk yang telah kalahkan Anthony Joshua? bagi yang penasar berikut INDOSPORT.COM berikan fakta-fakta menariknya dilansir dari Reuters.

Pindah Cabang Olahraga

Oleksandr Usyk ternyata sebelum menjadi petinju profesional terkenal, dahulu rupanya ia sangat menekuni olahraga sepak bola.

Hingga usia 15 tahun, dirinya menekuni sepak bola sampai masuk akademi SC Tavriya Simferopol di Liga Ukraina. Namun justru tinjulah yang akhirnya menjadi jalan pilihan Usyk hingga sukses seperti sekarang ini.