Mengulik Jimat Floyd Mayweather Jr yang Bikin Dia Tak Terkalahkan di Dunia Tinju

Kamis, 3 Maret 2022 08:16 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty Images
Floyd Mayweather. Copyright: © Getty Images
Floyd Mayweather.

INDOSPORT.COM - Floyd Mayweather Jr dikenal sebagai salah satu petinju terbaik sepanjang masa, berkat kehebatannya yang  tak terkalahkan sepanjang kariernya. Apa rahasianya?

Floyd Mayweather Jr dikenal sebagai salah satu petinju terbaik sepanjang masa berkat sejumlah prestasi yang diraihnya. Pria berusia 45 tahun itu telah mengoleksi 15 gelar juara di lima kelas berbeda.

Selain itu prestasi yang menonjolnya adalah ia tak terkalahkan sepanjang kariernya. Floyd Mayweather Jr lahir di Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat pada 24 Februari 1977.

Ia lahir dan besar dari keluarga atlet tinju. Ayahnya, Floyd Mayweather Sr merupakan mantan petinju juga. Karier mentereng Maywether Jr juga sudah terlihat ketika ia berkarier di level amatir.

Mayweather merupakan juara tiga kelas kejuaraan Golden Gloves dan menjadi juara nasional kelas bulu (featherweight) Amerika Serikat. Pada Olimpiade Atlanta 1996, Mayweather mampu menyabet medali perunggu cabang tinju.

Floyd Mayweather melakoni debut tinju profesional dengan kemenangan atas petinju Meksiko, Roberto Apodaca, pada ronde kedua, 11 Oktober 1996. 

Dua tahun setelah pertarungan debutnya, Mayweather memenangi gelar pertamanya. Ia mampu merebut gelar juara dunia kelas bulu super WBC pada 03 Oktober 1998 usai menumbangkan Genaro Hernandez lewat TKO di ronde kedelapan.

Prestasi itu membuat Floyd Mayweather Jr mulai banyak diperbincangkan, termasuk promotor ternama, Bob Arum, yang meyakini sang petinju bakal menjadi salah satu yang hebat.

"Kami percaya di lubuk hati kami bahwa Floyd Mayweather Jr adalah penerus garis yang dimulai dengan Ray Robinson, lalu Muhammad Ali, dan Sugar Ray Leonard. Kami percaya bahwa dia simbol gaya bertarung itu," ungkap Bob Arum waktu itu.

Berjalannya waktu keyakinan Bob Arum rupanya menjadi kenyataan. The Money -julukan Floyd Mayweather Jr- sukses menggoreskan tinta emas di ring tinju.

Dalam perjalanan kariernya, Mayweather pun berhasil menaklukkan nama-nama hebat semisal Oscar De La Hoya, Juan Manuel Marquez, Manny Pacquiao, dan raja pound for pound masa kini, Saul "Canelo" Alvarez.

Floyd Mayweather Jr menyatakan pensiun dari tinju usai mengalahkan Andre Berto pada tahun 2015 sekaligus mempertahankan gelar juara dunia kelas welter WBA, WBC, dan The Ring.