Kharisma Bandung dan Alam Raya Ciamis Juara Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023

Minggu, 20 Agustus 2023 19:32 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Kharisma Bandung dan Alam Raya Ciamis Juara Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Kharisma Bandung dan Alam Raya Ciamis Juara Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023.

INDOSPORT.COM - Kharisma Bandung (putri) dan Alam Raya Ciamis (putra), berhasil meraih gelar juara pada Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023.

Setelah sebulan lebih bergulir, sejak 1 Juli 2023 lalu turnamen voli se-Jawa Barat, Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023 mencapai babak puncak.

Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023 kali ini digelar di 5 kota berbeda, yakni Ciamis, Bandung, Sukabumi, Subang, dan Cirebon, serta mempertandingkan dua nomor putra dan putri.

Pada grand final turnamen Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023 hari pertama, Sabtu (19/08/23), sebanyak enam tim putra dan lima tim putri bersaing mengharumkan nama daerahnya untuk menembus partai puncak, Minggu (20/08/23).

Enam tim putra yakni Alam Raya (Ciamis), Tectona (Bandung), Lintang (Sukabumi), Madank (Subang), Kosgoro 77 (Cirebon), Karina (juara 2022), serta lima tim putri KM Jaya (Ciamis), Kharisma (Bandung), Bellor (Sukabumi), Unilli 77 B (Subang) dan Stikku (Cirebon).

Setelah bersaing, masing-masing dua tim putri dan putra berhasil melangkah ke partai final dan memperebutkan gelar juara Volleyball Gubernur Cup 2023.

Pada final putri, Kharisma Bandung berhasil keluar sebagai juara Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023, setelah mengalahkan Unilli 77 Subang dengan skor meyakinkan 3-0.

Pertandingan final putri berlangsung ketat, pasalnya kedua tim bermain ngotot. Pada set pertama Kharisma Bandung unggul 27-25 atas Unilli 77 Subang, kemudian set kedua 25-23 dan set ketiga 25-19.

Sedangkan di nomor putra, Alam Raya Ciamis berhasil meraih gelar juara Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023, setelah pada partai puncak mengalahkan Madank Subang dengan skor 3-0.

Babak final Volleyball Gubernur Cup 2023 di GOR Youth Center Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (20/08/23), berlangsung meriah, pasalnya dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

Selain itu, pada grand final Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023 turut dimeriahkan oleh penampilan band papan atas Tanah Air, NOAH. 

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menuturkan voli merupakan salah satu olahraga populer khusus di Jawa Barat. Sehingga, even ini diharapkan bisa menjadi agenda rutin, karena bisa menjadi ajang untuk pembinaan atlet di berbagai daerah.

"Voli ini luar biasa. Mudah-mudahan Kratingdaeng konsisten, sebuah keluarbiasaan dari konsistensi. Saya bahagia, ini dikombinasikan dengan entertainment," ucapnya.

Kang Emil sapaan akrabnya juga diberikan kepercayaan, untuk mendesain Piala Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup.

"Disuruh mendesain piala, gak apa-apa selama hidup manfaat saya hayu-hayu saja," jelasnya.

Chief Marketing Officer PT Asia Health Energi Beverages, Ricky Suhendar, menuturkan Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup sebelumnya sudah digelar pada tahun lalu. Namun, pada tahun ini lebih spesial di antaranya ada nomor putri yang dipertandingkan.

"Tahun kedua volleyball Championship ada peserta wanita, request masyarakat Jabar. Kedua, tahun lalu hanya 5 Kabupaten, tahun ini mencover seluruh region. Semoga acara ini bisa terus lancar, dengan pemenang dan tim tim baru. Membuka kesempatan atlet baru di bidang voli," ucap Ricky Suhendar.