x

Kisah Ebrar Karakurt, Pevoli Putri Turki yang Pernah Terlibat Asmara Menyimpang

Selasa, 13 Desember 2022 01:26 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Yohanes Ishak
Intip profil Ebrar Karakurt, pevoli putri Turki yang berprestasi namun kontroversial karena skandal asmaranya dengan aktris cantik Irem Tuncer.

INDOSPORT.COM – Intip profil Ebrar Karakurt, pevoli putri Turki yang berprestasi namun kontroversial karena skandal asmaranya dengan aktris cantik Irem Tuncer.

Ebrar Karakurt, salah satu nama paling sukses di timnas bola voli putri Turki, pernah membagikan fotonya dengan Irem Tuncer, hingga menimbulkan kontroversi besar di seluruh negeri pada 2021.

Melansir dari laman Newsbeezer, Ebrar Karakurt pernah membagikan foto dengan Irem Tuncer disertai dengan caption "Aku jatuh cinta.”

Kemudian aktris Irem Tuncer yang dikenal dengan karakter Fulya dalam serial “DAM” juga meninggalkan catatan “Matahariku” di postingan berikutnya.

Setelah unggahan tersebut, banyak reaksi bermunculan dari para pengguna Instagram. Beberapa ada yang menyambut kabar bahagia dari jalinan cinta keduanya.

Baca Juga

Namun banyak pula kecaman bermunculan dari publik lantaran dua nama figure publik di Turki tersebut menjalin cinta sesama jenis.

“Lihat, mereka menyampaikan pesan ini seperti biasa saja. Apakah normal bagi seorang wanita untuk jatuh cinta dengan seorang wanita?” tulis seorang netizen dilansir dari Newsbeezer.

Baca Juga

Setelah fotonya di instagram dengan Irem Tuncer menjadi kontroversi, pevoli Turki Ebrar Karakurt kemudian menghapus unggahan tersebut.

Sumpah serapah di media kemudian mengundang keprihatinan dari beberapa pihak, termasuk atlet Turki hingga tokoh masyarakat. Mereka membela Karakurt dan menyoroti prestasinya di media sosial.

Melansir laman BBC, rekan setim, Naz Aydemir Akyol mengatakan bahwa Ebrar Karakurt fokus pada bola voli dan tidak peduli dengan apapun yang dikatakan tentang dia.

Presenter olahraga Turki, Ismail Senol, mengatakan bahwa orang tidak perlu ragu untuk menghormati Ebrar Karakurt yang merupakan atlet terbaik dan seorang pekerja keras.

Baca Juga

1. LGBT yang Dipertentangkan di Turki

LGBT yang Dipertentangkan di Turki.

Penyanyi pop terkenal Turki Demet Akalin melalui twitternya memberikan dukungan kepada Ebrar Karakurt. Dia menekankan bahwa kehidupan pribadi sang pevoli tidak penting diketahui siapapun.

“Kehidupan pribadinya bukan urusan siapa pun kecuali dirinya sendiri,” tulis Demet Akalin.

Rekan satu tim lainnya, Hande Baladin juga menulis,” Jadilah dirimu sendiri karena Ebrar yang kami kenal sangat spesial, sangat cantik.”

Melansir BBC, homoseksualitas memang sempat dilegalkan di Turki. Bahkan ada sebuah acara khusus kaum LBGT bernama ‘Parade Pride’ yang merupakan parade kebanggaan dan demonstrasi LGBT masyarakat Turki.

Parade Pride berlangsung setiap tahun sejak tahun 2013 di mana peserta berkumpul di Lapangan Taksim sebelum berbaris di sepanjang Istiklal Avenue.

Baca Juga

Kemudian sejak 2015, Parade Pride sudah tidak mendapat izin dari Gubernur Otoritas Istambul. Bahkan menurut laporan Reuters, polisi Turki sampai menggunakan meriam air untuk membubarkan parade kebanggaan kaum LGBT.

Maka tak mengherankan jika kisah asmara pevoli Ebrar Karakurt dan aktris Irem Tuncer tersebut menjadi kontroversi besar mengingat kepopuleran keduanya di masyarakat.

Baca Juga

Setelah kontroversi tersebut, melansir laman Expat Guide Turkey, Ebrar Karakurt dan Irem Tuncer memutuskan berpisah.

Mereka diketahui kembali fokus dengan karier masing-masing. Bahkan saat ini keduanya kembali eksis melawan berbagai kontroversi yang sempat menghampiri.

Bahkan Ebrar Karakurt juga kembali eksis merangkai prestasi sebagai seorang pevoli muda kebanggaan masyarakat Turki. Mari intip profil Ebrar Karakurt sebagai seorang pevoli!

Baca Juga

2. Profil Ebrar Karakurt Sebagai Pevoli

Profil Ebrar Karakurt sebagai pevoli cantik Turki.

Lahir di Balikesir, Turki, pada 17 Januari 2000, pevoli cantik Turki, Ebrar Karakurt memang sudah menyukai olahraga voli sejak kecilnya.

Melansir Volleyball, Ebrar Karakurt memulai karier bola voli di DSSi Spor di Balikesir. Setelah menetap di Bursa, dia terus bermain di tim sekolahnya untuk Bursa BB di Liga Bola Voli Turki pada tahun 2014-2015.

Selama karier profesionalnya, mantan pacar Irem Tuncer tersebut menjadi bagian dari tim Vaikifbak yang merupakan juara Liga Champions Wanita CEV pada tahun 2017-2018.

Pada sekitar tahun tersebut, dia juga menjadi bagian dari timnas voli putri U-18. Dia didapuk untuk menjadi bagian dari skuat Turki di berbagai turnamen bergengsi.

Beberapa turnamen yang diikutinya adalah Kejuaraan Eropa Bola Voli Putri U-18, di Belanda. Lalu ada Kejuaraan Dunia U-18 Nola Boli Putri FIVB 2017 di Argentina.

Baca Juga

Ebrar Karakurt berkontribusi terhadap banyak prestasi penting, termasuk raihan medali perak Kejuaraan Voli Putri Eropa 2019 yang diselenggarakan di Ankara, Turki.

Pada Mei 2021 lalu, Igor Gorgonzola, salah satu tim Liga Bola Voli Wanita Italia, meminang Ebrar Karakurt untuk kontrak selama dua tahun.

Baca Juga

Dikontrak dengan Igor Gorgonzola, Ebrar Karakurt berposisi sebagai seorang opposite dan saat ini sedang berfokus untuk bertanding di CEV Women’s Challenge Cup 2022/23.

Klub voli Italia tersebut saat ini dikomandoi oleh Cristina Chirichella dan head coach Massimo Barbolini yang tentunya menjadi panggung bagi Ebrar Karakurt untuk terus bersinar.

Baca Juga
TurkiVoliLGBTSportainmentBerita Sportainment

Berita Terkini