Menpora Acungi Jempol untuk Kontingen Indonesian di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Jumat, 9 Desember 2022 13:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku bangga atas penampilan Kontingen Wushu Indonesia di Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022. Indonesia saat ini memimpin klasemen sementara.

Hingga hari ketiga penyelenggaraan ajang tersebut, Kontingen Wushu Indonesia sudah meraih 11 medali. Rinciannya adalah tujuh emas, dua perak dan dua perunggu.

Catatan tersebut sudah melewati target yang dicanangkan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto yang menargetkan enam emas.

“Saya sangat bangga dengan perjuangan para atlet junior Wushu Indonesia, karena di hari ketiga ini sudah mengumpulkan 11 medali, diantaranya 7 medali emas. Artinya ini sudah melampaui target kita yaitu 6 medali emas,” kata Menpora.

Menpora berharap Kontingen Wushu Indonesia bisa menambah perolehan medali dan tetap berada di puncak klasemen hingga akhir kejuaraan pada 11 Desember 2022 mendatang.

Zainudin Amali ingin Indonesia tidak hanya sukses menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia wushu, tapi juga sukses dalam prestasi dan ekonomi.

"Dalam penyelenggaraan kejuaraan ini, kita sebagai tuan rumah tentu ingin sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan juga dampak ekonomi,” harap Menpora.

Cabang olahraga wushu merupakan salah satu cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Hal itu sudah diatur dengan payung hukum Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021.

Wushu diharapkan bisa menyumbang medali di olimpiade masa mendatang. Ada peluang cabor ini dipertandingkan pada Olimpiade 2032.

“Memang Wushu ini belum dipertandingkan di olimpiade, tapi pada olimpiade yang akan datang minimal Olimpiade 2032, kita sudah memiliki talenta atlet yang saat ini ikut kejuaraan Wushu Junior ini,” jelas Menpora.