Amankan 10 Emas di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, PBWI Akan Kucurkan Bonus

Minggu, 11 Desember 2022 03:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Atlet wushu Indonesia, Josh Tiesto Tanto dan Rainer Reinaldy. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Atlet wushu Indonesia, Josh Tiesto Tanto dan Rainer Reinaldy.

INDOSPORT.COM - Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) akan memberikan apresiasi berupa bonus terhadap atlet wushu Indonesia yang meraih prestasi di Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022. Pasalnya, para atlet mampu melewati target yang dicanangkan.

Sebagai informasi, Ketua Umum PBWI, Airlangga Hartarto awalnya memasang target enam medali emas. Tetapi, capaian Kontingen Indonesia ternyata melewati ekspektasi tersebut dan mampu raih 10 medali emas.

Hingga hari penutupan Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022, Sabtu (10/12/22) di ICE BSD, Tangerang, Kontingen Indonesia mengumpulkan total 17 medali. Rinciannya adalah 10 emas, dua perak dan lima perunggu.

Atas pencapaian tersebut, Direktur Eksekutif Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022, Gunawan Tjokro memastikan ada bonus terhadap Kontingen Wushu Indonesia. Tapi, jumlahnya dirahasiakan.

"Tentu kita akan berikan bonus. Namun, kita tidak menyebut jumlahnya di sini. Apresiasi bagi atlet berprestasi sudah menjadi tradisi PBWI," kata Gunawan Tjokro.

Pada klasemen akhir Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022, Indonesia menempati peringkat ketiga. Urutan pertama diamankan Iran yang merebut gelar juara umum dengan 13 emas, 5 perak dan 5 perunggu.

Sedangkan China yang mengoleksi 10 emas, 3 perak dan 2 perunggu menempati posisi kedua.

"Kita dapat 10 medali emas. Sebenarnya tingkat medali emas kita sama dengan China, tetapi kita kalah satu poin di perak. Sehingga secara keseluruhan kita di posisi tiga (klasemen -red)," kata Gunawan.

"Sebagai tuan rumah, Indonesia patut bersyukur berhasil menempati posisi tiga besar dengan torehan 10 medali emas, 2 perak dan 5 perunggu," imbuhnya.

Berdasarkan data pertandingan, Indonesia sukses merajai nomor Taolu dengan raihan 10 emas. Sementara China hanya menghasilkan tujuh emas dari Taolu dan Iran mendapatkan enam emas.

Hanya saja, Iran memperkokoh dominasinya sebagai juara umum setelah meraih tujuh emas dari nomor Sanda. 

"Jadi sebagai tuan rumah, posisi ketiga kita syukuri. Artinya ada kemajuan. Dengan target 6 medali (emas -red) kita sudah mendapat 10," ungkap Gunawan yang juga Ketua Pengprov Wushu DKI Jakarta.