Bidik Medali Emas SEA Games 2023, 19 Atlet Timnas Wushu Indonesia Bakal TC di China

Sabtu, 21 Januari 2023 16:38 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSORT
Aksi pewushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo di nomor changquan putra di Hall A Word Trade Center (WTC), Manila, Minggu (01/12/19). Sayang Edgar gagal menyumbang medali meski awalnya ditarget emas. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSORT
Aksi pewushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo di nomor changquan putra di Hall A Word Trade Center (WTC), Manila, Minggu (01/12/19). Sayang Edgar gagal menyumbang medali meski awalnya ditarget emas.

INDOSPORT.COM - Guna mengamankan medali emas SEA Games 2023, Timnas Wushu Indonesia segera menggelar pemusatan latihan (TC) di China.

Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Ngatino menuturkan jika Timnas Wushu Indonesia akan bertolak ke China untuk TC pada bulan Februari mendatang.

Mereka yang akan berangkat, terdiri dari 19 atlet wushu, dengan rincian 11 orang dari nomor Taolu, dan 8 atlet kategori Sanda.

"Timnas Wushu Indonesia akan menggelar TC di China mulai Februari 2023. Kepastian jadwal keberangkatan masih menunggu kelengkapan surat-surat," kata Ngatino.

Menurut Ngatino, TC Timnas Wushu akan digelar di dua lokasi. Khusus Atlet Sanda di Henan, dan Atlet Taolu di Nanzhing, China.

Jika flashback pada ajang SEA Games 2021 Vietnam, Wushu Indonesia berhasil meraih 3 emas, 9 perak dan 3 perunggu. Ketiga emas datang dari nomor Taolu (2) dan Sanda (1). 

Maka dari itu, Timnas Wushu Indonesia juga mematok target tiga medali emas seperti sebelumnya, pada SEA Games 2023 nanti. Namun, mereka berusaha untuk lebih lagi.

"Di SEA Games 2023, kita targetkan tiga medali emas, setelah berkoordinasi dengan pembina PB WI, tapi Tim Review Kemenpora meminta empat medali emas dari wushu."

"Kita akan berusaha maksimal untuk memenuhinya," ungkap Ngatino lagi. 

Sekadar informasi, Sanda adalah olahraga pertarungan tangan kosong. Sedangkan, Taolu adalah seni beladiri yang dimainkan secara individu atau berkelompok, yang menggunakan senjata atau tangan kosong.