Cetak Rekor, Indonesia Sumbang Medali Emas Pertama dari Cabor Wushu di SEA Games 2023

Kamis, 11 Mei 2023 13:44 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© NOC Indonesia
Atlet Taolu Indonesia, Muhammad Daffa Golden Boy menyumbangkan medali emas pertama dari nomor gabungan Jiangshu-Qiangshu Putra bagi Kontingen Merah Putih dari cabang olahraga wushu SEA Games 2023 Kamboja. (Foto: NOC Indonesia) Copyright: © NOC Indonesia
Atlet Taolu Indonesia, Muhammad Daffa Golden Boy menyumbangkan medali emas pertama dari nomor gabungan Jiangshu-Qiangshu Putra bagi Kontingen Merah Putih dari cabang olahraga wushu SEA Games 2023 Kamboja. (Foto: NOC Indonesia)

INDOSPORT.COM – Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali emasnya, usai Muhamad Daffa Golden Boy selaku atlet wushu mencetak rekor di SEA Games 2023.

Muhamad Daffa Golden Boy selaku atlet Taolu Tanah Air berhasil meraih nilai tertinggi di nomor gabungan Jiangshu-Qiangshu Putra pada Kamis (11/5/23).

Berlangsung di Chroy Changvar Hall A Phnom Penh, Kamboja, atlet yang akrab disapa Daffa itu mencetak rekor karena meraih nilai tertinggi Qiangshu di hari tersebut dengan pencapaian 9,76 poin di SEA Games 2023.

Sebelumnya, dia juga mencatat nilai tertinggi 9,65 poin, maka pencapaian ini membuat Daffa menjadi yang terbaik di antara banyaknya atlet wushu yang berkompetisi di nomor tersebut.

Di sisi lain, Vincen Wong asal Malaysia meraih medali perak dengan raihan poin Jiangshu-9,63 poin dan Qiangshu 9,47 poin dan atlet taolu Philipina, Gainsan Sandrex mencetak Jianghsu 9,69 dan Qiangshu 9,33 poin serta berhak meraih medali perunggu.

Daffa tentu sangat bersyukur atas pencapaiannya, apalagi ini merupakan emas pertamanya setelah sempat hanya meraih perunggu di SEA Games 2017.

 "Alhamdullah saya bisa merebut medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Sebelumnya, saya hanya meraih perunggu pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur,” ucap Daffa, kepada INDOSPORT.

“Ini berkah dari Allah SWT karena nomor andalan saya ini memang jarang dipertandingkan," tambahnya.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa medali emas yang diraihnya ia dedikasikan untuk keluarga dan masyarakat Indonesia. Daffa juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukungnya.

"Medali emas ini saya persembahkan untuk keluarga dan juga masyarakat Indonesia. Terima kasih Ketua Umum PB WI, Pak Airlangga Hartarto, NOC Indonesia dan juga Kemebpora yabg telah mendukung wushu Indlnesia," tambah Daffa.