Terkait Aksi Demo Ahok, Ini Pesan Jagoan Basket Indonesia

Kamis, 3 November 2016 17:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Gerry Anugrah Putra
 Copyright:

Unjuk rasa tersebut terkait dengan kasus dugaan penistaan agama yang dituduhkan kepada Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. 

Dugaan penistaan agama itu bermula dari ucapan Ahok di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada akhir September 2016. Gubernur yang maju di pemilihan gubernur Jakarta Februari 2017 tersebut dituduh menghina Islam saat menyinggung tentang ayat 51 Surat Al-Maidah.

Unjuk rasa tersebut ditenggarai ribuan masa sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan maupun beberapa hal diluar kendali. Aksi yang akan berlangusng besok tersebut pun menarik perhatian salah satu pebasket nasional, Oki Wira Sanjaya.

Oki Wira berbicara tentang demo Ahok.

“Iya kalau demonya aman dan tertib sih tidak begitu mengganggu sih, tetapi kan pasti macet. Kalau demonya bikin resah ya pasti mengganggu jadi yang mau keluar ke jalanan saja pasti sudah malas,” ujarnya saat dihubungi INDOSPORT.

Di sisi lain, shooting guard Aspac Jakarta tersebut juga memberikan pesannya bagi masyarakat yang akan ikut dalam aksi tersebut. Oki menilai jika demo berjalan tak tertib maka permasalahan akan tetap terjadi.      
             
“Kalau bisa demonya tertib, jangan rusuh. Kalau rusuh bisa gak habis-habis masalah di indonesia ini,” ujarnya secara singkat.

Terkait aksi demo tersebut, Tentara Nasional Indonesia (TNI) sudah menyiapkan personel untuk mengamankan rangkaian Pilkada dan demonstrasi pada 4 November dengan menyiagakan 1.500 personel yang akan diperbantukan jika ada permintaan dari Polri.

Polri sendiri menyiapkan 7.000 anggota untuk mengamankan demonstrasi tersebut meskipun jumlahnya disebutkan dapat disesuaikan dengan keperluan.