IBL 2017

Mental Bakal Jadi Faktor Penentu Juara IBL 2017

Selasa, 18 April 2017 01:30 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Andi ‘Batam’ Poedjakesuma memberikan sedikit pandangannya jelang laga semifinal IBL 2017. Bagi Andi, keempat tim yang berada di semifinal seperti Satria Muda, CLS Knights Surabaya, Aspac Jakarta, dan Pelita Jaya, merupakan tim hebat dan memiliki kualitas permainan setara.

Pria berusia 36 tahun itu pun meyakini bahwa kesiapan mental bakal menjadi faktor penentu gelar juara IBL 2017 nanti. Karena kondisi fisik hingga menu latihan yang sama bakal diterapkan keempat tim tersebut, sehingga mental lah yang akan berbicara.

“Ketika sudah menyentuh babak semifinal, di penghujung kompetisi, kondisi fisik sampai latihan biasanya hampir sama. Jadi pemenangnya ditentukan kesiapan mental saja, mau juara atau tidak,” kata Andi ‘Batam’ Poedjakesuma seperti diberitakan Antara.

Meski begitu, pria yang semasa aktif pernah membela Garuda Bandung, Aspac Jakarta dan Pelita Jaya itu, mengaku tak bisa memprediksi siapa yang akan lolos dari babak semifinal IBL 2017, yang bakal mulai berlangsung Rabu (19/04/17).

Andi Andi 'Batam' Poedjakesuma, mantan pebasket nasional.

“Kalau tim bisa saling mendukung, saling mengisi kekurangan, pasti ada kesempatan untuk juara. Lalu perlu juga agar tidak terlalu bergantung dengan pemain impor,” tutur pria yang sudah merasakan 5 juara IBL bersama Aspac Jakarta.

Babak 4 besar atau final four sendiri dimulai dari Divisi Merah, di mana Satria Muda (SM) Pertamina akan menghadapi CLS Knights Surabaya di kandang CLS, Gelora Kertajaya, Surabaya.

Kemudian, semifinal yang bersistem best of three itu berlanjut ke Britama Arena, Jakarta, kandang SM pada Minggu (23/04/17) dan kalau kedudukan seri, laga terakhir bakal digelar pada Senin (24/04/17) di tempat yang sama.

Sementara itu, semifinal Divisi Putih sendiri digelar pada 27-30 April di GOR C-Tra Arena, Bandung, mempertandingkan W88.News Aspac Jakarta melawan Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta. Pemenang di laga dua divisi tersebut akan bertemu pada babak final IBL 2017 yang dijadwalkan berlangsung pada 4-7 Mei.