Marc Marquez Jatuh, Pedrosa Raih Pole Position di GP Malaysia

Sabtu, 28 Oktober 2017 14:39 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Gaetano Piazzolla/Action Plus via Getty Images
Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa Copyright: © Gaetano Piazzolla/Action Plus via Getty Images
Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa

Sesi kualifikasi GP Malaysia berlangsung cukup sengit, karena balapan kali ini akan menjadi penentuan awal siapa yang akan menyabet gelar juara dunia MotoGP 2017. 

Pembalap Honda, Dani Pedrosa berhasil meraih pole position dalam sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 59,212 detik. 

Nasib sebaliknya justru menimpa rekan setimnya, Marc Marquez yang sempat mengalami kecelakaan ketika memasuki tikungan ke-15 saat menjalani sesi tersebut. 

Usai mengganti motor, Marquez dengan cepat merebut posisi ketiga sesi kualifikasi itu. Namun sayang, sejumlah pembalap menggeser posisinya hingga ia harus puas memulai balapan besok di urutan ketujuh. 

Marquez memang nampak tampil kurang stabil selama menjalani sesi latihan bebas. Di beberapa tikungan, pembalap kelahiran 1993 tersebut beberapa kali kedapatan nyaris jatuh. 

Pedrosa akan memulai balapan di urutan pertama, diikuti Johann Zarco yang mencatat waktu 1 menit 59,217 detik, unggul dari pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dengan raihan waktu 1 menit 59,224 detik. 

Rekan setim Vinales, Valentino Rossi mencatat hasil yang cukup memuaskan selama menjalani sesi latihan bebas. Rossi berhasil menguasai posisi puncak ketika menjalani sesi latihan bebas ketiga. Ia juga meraih catatan yang cukup baik dalam kualifikasi, dan berhasil memulai balapan esok hari di posisi keempat. 

Marquez membutuhkan perbaikan jika dirinya ingin mengamankan gelar juara dunia MotoGP musim ini. Dovizioso yang tampil cukup baik bisa menjadi ancaman, dan tidak menutup kemungkinan perebutan gelar tak berhenti di GP Malaysia dan berlanjut di GP Valencia.