x

3 Fakta Mencengangkan Usai India Bantai Indonesia dan Raih Juara Piala Thomas 2022

Senin, 16 Mei 2022 02:56 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, ganda putra andalan India.

INDOSPORT.COM - Berikut tiga fakta mencengangkan seusai India mampu mendulang kemenangan dengan skor 3-0 atas Indonesia dan meraih gelar juara Piala Thomas 2022.

Dalam pertandingan final Piala Thomas 2022 yang digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/05/22) kemarin, Indonesia yang berstatus juara bertahan dibuat tidak berkutik oleh India.

Baca Juga

Di match pertama, Anthony Sinisuka Ginting yang menjadi wakil pertama Indonesia di sektor tunggal putra harus menelan pil pahit karena kalah dari Lakshya Sen.

Ia sebenarnya bermain apik karena sempat menang dengan skor 21-8. Namun di game kedua, pemain bulutangkis peringkat lima dunia versi BWF itu kalah  17-21.

Baca Juga

Di game penentuan Anthony Sinisuka Ginting akhirnya menyerah dengan skor 16-21. Hasil ini membuat Indonesia harus tertinggal 0-1 dari India.

Meski tertinggal, Tim Merah Putih masih punya peluang besar karena masih ada empat wakil yang belum bertanding. Namun di match kedua, pasangan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya malah kalah dari Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Sama seperti Anthony Sinisuka Ginting, pasangan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya sempat menang di set pertama dengan skor 21-18. Namun di set kedua mereka harus menelan kekalahan 21-23.

Pada babak penentuan, Ahsan/Kevin akhirnya harus tumbang di tangan Rankireddy/Shetty dengan skor 19-21.

Baca Juga

Sementara itu, di match ketiga Jonatan Christie yang tampil melawan Kidambi Srikanth tidak bisa berbuat banyak. Ia akhirnya kalah lewat permainan straight game dengan skor 15-21 dan 21-23.

Di balik kemenangan India atas Indonesia di final Piala Thomas 2022, terdapat beberapa fakta menarik yang wajib kalian ketahui. Apa saja itu?


1. India Cetak Sejarah

Pebulutangkis India, Lakshya Sen.

Sebelumnya, India mampu mencetak sejarah dengan pertama kalinya tampil di final Piala Thomas sejak ajang bulutangkis beregu ini digelar 73 tahun silam.

Kini, mereka kembali mencetak sejarah lagi dengan meraih gelar juara untuk pertama kalinya. Dengan menurunkan skuat terbaik, tim India sukses melibas Indonesia dengan skor akhir 3-0.

Baca Juga

Sebelum bersua tim Merah Putih, skuat India sebelumnya juga telah menyingkirkan tim kuat lainnya. Seperti Denmark yang berhasil disingkirkan dengan skor 3-2 di babak semifinal.

Jojo Kembali Dihajar oleh 'Anak Petani'

Srikanth Kidambi yang sukses mengalahkan Jonatan Christie lahir di Distrik Guntur atau negara bagian Andhra Pradesh, India, dari pasangan KVS Krishna dan Radha Mukunda. Ayahnya merupakan seorang petani dan ibunya adalah ibu rumah tangga.

Baca Juga

Kekalahan di final Piala Thomas 2022 menjadi yang kedua kali dialami oleh Jojo. Di pertemuan pertama, wakil Indonesia itu sempat menang melalui rubber game (18-21, 21-7, 21-17) di ajang semifinal Swiss Open 2022.

Baca Juga

Kemudian di Indonesia Masters 2021, Srikanth Kidambi mampu membalas kekalahan. Ia menang melalui rubber game (13-21, 21-18, 21-15).

Di Piala Thomas 2022, Srikanth Kidambi kembali membuat Jojo kualahan. Ia sukses menang lewat permainan straight game dengan skor 15-21 dan 21-23.


2. Ada 5 Juara Berbeda dalam Waktu 10 Tahun Terakhir

Pasangan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Tidak ada negara yang berhasil yang mempertahankan gelar juara Piala Thomas sejak China melakukan hal ini pada 2012 silam.

Artinya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ada lima juara berbeda yang menghiasi podium. Setelah mempertahankan gelar juara kelima secara beruntun, China kemudian dihentikan Jepang saat edisi 2014.

Kemudian pada edisi 2016 Denmark secara tidak terduga mampu merebut gelar juara Piala Thomas dari Jepang. Di 2018, China kembali merebut juara.

Lalu pada ajang Piala Thomas 2020 lalu, tim Indonesia yang berpuasa gelar selama 19 tahun akhirnya sukses meraih juara. Akan tetapi, gelar gagal dipertahankan saat Piala Thomas 2022 di Thailand.

Baca Juga
Piala ThomasIndonesiaIndiaSatwiksairaj Rankireddy/Chirag ShettyLakshya Sen

Berita Terkini