x

Ada Pemoles Taufik Hidayat, 3 Pelatih yang Bawa Tunggal Putra Indonesia Bersinar di BWF

Kamis, 19 Mei 2022 21:27 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Tiga pelatih tunggal putra asal Indonesia yang sukses membantu anak asuhnya meraih sejumlah gelar bergengsi di ajang BWF. Ada sang pemoles bakat Taufik Hidayat!

INDOSPORT.COM – Tiga pelatih bulutangkis tunggal putra asal Indonesia yang sukses membantu anak asuhnya meraih sejumlah gelar bergengsi di ajang BWF. Ada sang pemoles bakat Taufik Hidayat!

Sosok pelatih tunggal putra Indonesia belakangan memang jadi perhatian serius para pecinta bulutangkis Tanah Air, terlebih usai kegagalan skuat Merah Putih mempertahankan gelar Piala Thomas 2022.

Baca Juga

Diketahui, pada final Piala Thomas 2022 yang digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/22), Indonesia yang berstatus juara bertahan secara mengejutkan tumbang dari India dengan skor 3-0.

Kegagalan tim putra Indonesia sontak membuat publik pecinta bulutangkis di Tanah Air kecewa. Pasalnya, di atas kertas kemampuan tim Thomas Indonesia berada cukup jauh di atas India.

Salah satu figur yang dikecewakan atas kegagalan tim Indonesia di Piala Thomas 2022 adalah sang legenda bulutangkis Tanah Air, Taufik Hidayat.

Baca Juga

Peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 itu bahkan menyoroti mental dan kapasitas yang dimiliki oleh pelatih tunggal putra Indonesia.

“Team thomas cup.. terimakasih udah maksimal sampai di final.. pasti mereka kecewa dengan kekalahan ini, tapi ada satu catatan,” tulis Taufik Hidayat di akun Instagram pribadinya.

“MENTAL, FISIK, DAN mana pelatih tunggal putra Indonesia? Apakah Indonesia gak punya pelatih yang lebih baik dan mumpuni? Mau sampai kapan ini PBSI?” sambung Taufik.

Baca Juga

Sedang jadi sorotan usai gagal di Piala Thomas 2022, namun dalam sejarah bulutangkis Indonesia sejatinya ada beberapa sosok pelatih yang mampu memoles bakat tunggal putra hingga akhirnya berprestasi di panggung BWF.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, tiga pelatih yang mampu membawa tunggal putra Indonesia bersinar di ajang BWF:


1. Hendry Saputra

Prannoy Haseena Sunil Kumar dan Mulyo Handoyo.

Nama pertama adalah Hendry Saputra. Pelatih asal Semarang ini mungkin sudah cukup dikenal oleh pecinta bulutangkis milenial, lantaran dirinya memang sempat berada di PBSI pada sejak tahun 2014 hingga 2022.

Selama era tersebut, memang belum ada tunggal putra Indonesia yang terlalu dominan dan konsisten berada di podium juara, namun berkat tangan dingin Hendry Saputra sejumlah tunggal putra muda Tanah Air berhasil unjuk kebolehan.

Baca Juga

Tugas Hendry Saputra saat melatih di PBSI terbilang cukup berat, lantaran dirinya harus sesegera mungkin mencari pengganti Tommy Sugiarto, dan Sony Dwi Kuncoro yang mundur dari pelatnas.

Selama hampir tiga tahun perjuangannya mencari bibit baru tunggal putra, akhirnya Hendry Saputra menemukan dua pebulutangkis yang kini jadi andalan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Dibawah asuhannya, Anthony Ginting sukses meraih prestasi di turnamen-turnamen bergengsi, mulai dari juara China Open 2018 hingga merebut medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga

Tak kalah hebat, Jonatan Christie pun mampu meraih medali emas SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Mulyo Handoyo
Berikutnya ada Mulyo Handoyo. Sebelum era Hendry Saputra, sosok pelatih ini sudah lebih dulu jadi pahlawan bulutangkis Indonesia berkat tangan dinginnya dalam meramu tunggal putra Tanah Air.

Nama Mulyo Handoyo pernah menangani nomor tunggal putra Indonesia pada tahun 2000-an awal, dan jadi salah satu aktor penting keberhasilan Taufik Hidayat merajai panggung BWF saat itu.

Baca Juga

Dibawah arahan Mulyo Handoyo, tunggal putra kelahiran Bandung tersebut sukses jadi tumpuan Indonesia di sejumlah turnamen termasuk saat meraih Piala Thomas tahun 2000 dan 2002.

Namun prestasi terbaik Taufik Hidayat bersama Mulyo Handoyo tentu medali emas Olimpiade Athena pada tahun 2004 silam.


2. Bersinar di Negeri Orang

Anthony Ginting bersama sang pelatih, Hendry Saputra, usai memenangkan China Open 2018.

Tak hanya di Indonesia, tangan dingin Mulyo Handoyo juga sempat dirasakan beberapa negara seperti India dan Singapura.

Terbukti, para tunggal putra dari kedua negara tersebut mampu jadi unggulan di sejumlah turnamen BWF.

Baca Juga

Bahkan Tunggal putra India, Kidambi Srikanth yang pernah dilatih Mulyo Handoyo, mampu meraih empat gelar super series di tahun 2017 dan membuatnya melejit ke ranking 1 BWF tahun 2018.

Tong Sin Fu
Terakhir adalah Tong Sin Fu. Pelatih keturunan China ini juga punya sederet prestasi dan berjasa besar dalam kesuksesan tunggal putra Indonesia di panggung BWF.

Eksis di era 90-an, nama Tong Sin Fu sejatinya kalah tenar jika dibandingkan para anak asuhnya yang sampai sekarang masih melegenda baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Beberapa mantan tunggal putra polesan Tong Sin Fu antara lain Alan Budikusuma, Joko Supriyanto, Hermawan Susanto serta Haryanto Arbi.

Hampir semua tunggal putra diatas pernah berprestasi di puncak tertinggi BWF, bahkan Alan Budikusuma sukses mengharumkan nama Indonesia dengan menyabet emas Olimpiade Barcelona 1992.

Selain Alan Budikusuma, ketiga anak murid Tong Sin Fu diatas sejatinya juga punya prestasi mentereng.

Semuanya bahkan mampu membantu Indonesia meraih Piala Thomas, serta jadi juara di Kejuaraan Dunia (kecuali Hermawan Susanto yang hanya bisa raih gelar runner up).

Taufik HidayatTunggal PutraTRIVIABulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini