x

Kecewa Usai Kalah dari Fajar/Rian, Rexy Mainaky Bongkar Kelemahan Ganda Putra Malaysia

Senin, 11 Juli 2022 19:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Rexy Mainaky secara blak-blakan mengaku pihaknya merasa kecewa dan membongkar kelemahan yang dimiliki oleh ganda putra Malaysia usai kalah dari Fajar/Rian.

INDOSPORT.COM – Pelatih asal Indonesia, Rexy Mainaky secara blak-blakan mengaku pihaknya merasa kecewa dan membongkar kelemahan yang dimiliki oleh ganda putra Malaysia usai lagi-lagi dikalahkan oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Hasil mengecewakan harus kembali dialami oleh Aaron Chia/Soh Wooi Yik, usai lagi-lagi gagal meraih gelar juara lantaran langkahnya terhenti di babak semifinal Malaysia Masters 2022, Sabtu (09/07/22).

Baca Juga

Saat itu Aaron/Wooi Yik takluk ditangan unggulan enam asal Indonesia tersebut lewat rubber games dengan skor 14-21, 21-19 dan 10-21.

Kekalahan ini juga membuat rekor pertemuan mereka imbang menjadi 3-3. Selain itu, ini juga merupakan ketiga kalinya Aaron/Wooi Yik kalah di babak semifinal saat melawan Fajar/Rian.

Selain itu, ini juga merupakan kedua kalinya Aaron/Wooi Yik dipermalukan di hadapan para penggemarnya sendiri.

Baca Juga

Sebab, sebelumny ganda putra andalan tuan rumah itu juga kalah atas Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di semifinal Malaysia Open 2022.

Tak sampai disitu, kekalahan ini juga memperpanjang kutukan Aaron/Wooi Yik yang selalu kalah di semifinal maupun final, yang berujung merasakan puasa gelar sejak dipasangkan pada 2017.

Fenomena ‘kutukan’ Aaron/Wooi Yik yang selalu tersingkir di babak semifinal pun mendapatkan sorotan dari Rexy Mainaky selaku Direktur Kepelatihan Sektor Ganda Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Baca Juga

Rexy sendiri memang telah menyoroti kutukan semifinal yang dialami oleh Aaron/Wooi Yik, dan melakukan sejumlah upaya termasuk berkonsultasi dengan psikolog untuk memulihkan mental anak didiknya.

Rexy Mainaky pun secara terang-terangan mengaku pihaknya merasa kecewa, dan membeberkan kelemahan yang dimiliki oleh Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang baru saja tersingkir di Malaysia Masters 2022.


1. Ungkap Kejelekan Ganda Putra Malaysia

Pebulutangkis asal Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik.

Rexy Mainaky sendiri resmi bergabung dengan BAM pada Desember 2022. Tak hanya kelebihan yang diamati oleh Rexy, namun ia juga melihat sisi kekurangan atau kelemahan yang dimiliki oleh Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Melansir dari BHarian, Rexy mengungkapkan bahwa masalah yang dimiliki oleh Aaron/Wooi Yik ialah cara berpikir dan hati mereka.

Baca Juga

"Saya mulai (bersama BAM), dari Desember hingga sekarang, Juli, sudah enam bulan. Banyak perubahan cara berpikir dan hati mereka yang menurut saya harus diperbaiki,” ucap Rexy Mainaky.

“Mungkin selama ini mereka terbiasa dnegan apa yang mereka inginkan harus bisa, apa yang mereka minta harus bisa.

“Yang mereka inginkan adalah dapat dengan mudah tanpa usaha, sehingga akan mempengaruhi mereka ketika mereka berada di lapangan,” tambahnya.

Selanjutnya Rexy menyinggung kekalahan Aaron/Wooi Yik yang kalah dari Fajar/Rian di semifinal Malaysia Masters 2022.

“Kami kecewa dengan Aaron/Wooi Yik kemarin. Di set pertama, kami disuruh bermain seperti itu, tapi apa yang dibuat di atas ring sangat berbeda. Mereka bermain dengan emosi, panik, dan melihat bahwa mereka lebih baik daripada Fajar/Rian akhirnya panik sendiri.

Baca Juga

“Seharusnya sebagai pemain yang masuk 10 besar dan meraih perunggu di Olimpiade, perasaan seperti itu tidak boleh ada pada mereka. Seharusnya mereka juga merasa ‘tidak rugi’ karena saya juga melihat Fajar/Rian di lapangan pemanasan, mereka berkomunikasi sangat tidak stres.

“Sedangkan pemain kami jika ada latihan, terlalu banyak berpikir. Berpikir harus menang, harus menang dan sebagainya. Itu pemikiran yang salah, mereka tidak boleh berpikir seperti itu, mereka harus bermain 'tidak ada ruginya'," jelasnya.

Selanjutnya para pebulutangkis akan kembali unjuk gigi di ajang Singapore Open 2022 yang digelar pada Selasa (12/07/22) hingga Minggu (17/07/22).


2. Jadwal Singapore Open 2022

Jadwal Singapore Open 2022

Berikut jadwal lengkap ajang bulutangkis Singapore Open 2022, di mana Fajar/Rian akan berhadapan dengan ‘putra Hendra Setiawan’ dan sejumlah wakil Indonesia hadapi perang saudara.

Singapore Open 2022 akan menjadi turnamen penutup dalam rangkaian ajang Asean Tur, di mana sebelumnya para pebulutangkis berpartisipasi di empat ajang bergengsi.

Yakni Indonesia Masters, Indonesia Open, Malaysia Open dan Malaysia Masters selama bulan Juni hingga awal Juli 2022.

Baca selengkapnya: Jadwal Lengkap Singapore Open 2022: Fajar/Rian vs Putra Hendra Setiawan, Hujan Perang Saudara

Rexy MainakyFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoAaron Chia/Soh Wooi YikBerita Bulutangkis

Berita Terkini