x

Legenda Malaysia ‘Larang’ Hanya Beri Dukungan untuk Lee Zii Jia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Kamis, 18 Agustus 2022 14:27 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM Legenda Malaysia, Rashid Sidek tak ingin hanya Lee Zii Jia yang menjadi tumpuan serta mendapatkan dukungan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Sebagaimana diketahui sejumlah pemain andalan Malaysia mendapatkan undangan untuk tampil di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Baca Juga

Turnamen bulutangkis bergengsi itu bakal digelar pada 22-28 Agustus pekan depan di Tokyo Metropolitan Stadium, Jepang.

Sama seperti negara lainnya, Malaysia telah mempersiapkan diri dengan maksimal agar bisa meraih medali emas di ajang yang juga dibernama BWF World Championships ini.

Salah satunya ialah Lee Zii Jia, yang bahkan sampai absen disejumlah ajang BWF World Tour demi mempersiapkan diri agar bisa tampil gemilang di Kejuaraan Dunia.

Baca Juga

Meski demikian, Datuk Rashid Sidek selaku legenda Malaysia menghimbau agar tak memberikan dukungan dan harapan dalam memikul beban mengharumkan Negeri Jiran.

Rashid Sidek mengatakan bahwa meski tunggal putra peringkat 5 dunia itu memang memiliki peluang besar menjadi juara.

Namun wakil Malaysia lainnya juga perlu mendapatkan dukungan dan diberi harapan untuk mengakhiri penantian Malaysia merebut gelar juara dunia.

Baca Juga

 Ia menambahkan bahwa pemain Malaysia lainnya seperti ganda putra andalan mereka yakni Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan ganda putri, Pearly Tan/M Thinaah juga dinilai berpotensi membuat kejutan di Tokyo.

Rashid Sidek menambahkan memberi dukungan untuk para wakilnya baik pemain Pelatnas BAM maupun independen seperti Lee Zii Jia layak mendapatkan dukungan dan harapan. Hal itu setelah mereka sama-sama membawa nama Malaysia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.


1. Imbau Agar Tak Hanya Dukung Lee Zii Jia

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

“Apa pun bisa terjadi di turnamen besar seperti ini, wakil kita di ganda campuran juga bukan tidak mungkin membuat kejutan. Selama mereka menunjukkan semangat juang yang tinggi, peluang (menjadi juara) masih ada untuk mereka,” ucap Rahsid Sidek.

“Tidak peduli apakah mereka pemain profesional atau BAM, mereka semua membawa nama Malaysia. Saya percaya menjadi juara dunia adalah impian semua pemain, tapi mungkin mereka tidak berani mengungkapkannya karena mereka takut menghadapi tekanan,” ucapnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Rashid Sidek memberikan wejangan untuk para pebulutangkis agar tak perlu banyak berpikir selama memberikan performa terbaik dan tak gampang menyerah.

“Saran saya, para pemain tidak perlu khawatir dengan hasil apapun, selama mereka menunjukkan performa terbaik dan menunjukkan semangat juang yang tinggi dalam pertandingan yang mereka lawan, saya yakin kita semua bisa menerimanya” jelas Rashid dari BHarian Sports.

Baca Juga

Sekadar informasi, sejak digelar pada 1977 pemain nasional Malaysia belum pernah berhasil menjadi juara dunia.

Sementara Datuk Lee Chong Wei sebagai pemain Malaysia dengan prestasi terbaik ketika meraih medali perak sebanyak tiga kali di nomor tunggal putra di edisi 2011, 2013 dan 2017 selain perunggu pada tahun 2005.


2. Catatan Malaysia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Untuk nomor ganda putra, terakhir kali Malaysia meraih medali adalah melalui pasangan Teo Ee Yi/Ong Yew Sin yang membawa pulang perunggu tahun lalu.

Hanya dua peristiwa yang membuat Malaysia tidak pernah memenangkan medali Kejuaraan Dunia, yaitu tunggal putri dan ganda putri.

Pada edisi kali ini, Lee Zii Jia akan melawan pemain Prancis, Brice Leverdez sementara Aaron/Wooi Yik yang mendapat bye di babak pertama diprediksi akan bertemu pasangan Chinese Taipei, Lu Ching Yao/Yang Po Han di putaran kedua.

Sebelum diperkirakan akan bertemu rekan senegaranya, Nur Izzuddin Rumsani/Goh Sze Fei jika masing-masing lolos ke putaran ketiga.

Pearly Tan/M Thinaah yang juga mendapat bye di babak pertama akan membuka pertandingan melawan pemenang ANTARA, Valerie Siow/Low Yeen Yuan atau Treesa Jolly-Gayatri Gopichand dari India di babak kedua.

Baca Juga
Rashid SidekLee Zii JiaBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini