x

Terbongkar! Ini Rahasia Tokcer Fajar/Rian Tembus 7 Final dari 11 Turnamen 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 16:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membongkar rahasia mereka tokcer di sepanjang tahun 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membongkar rahasia mereka tokcer di sepanjang tahun 2022.

Pasangan nomor lima dunia ini mengatakan bahwa kunci mereka bisa tampil terbaik di tahun ini adalah dengan mengubah pola pikir setelah melalui periode sulit di awal tahun.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Fajar/Rian pada sepanjang tahun 2022 mampu melangkahkan kaki hingga final sebanyak tujuh kali dari 11 turnamen yang mereka ikuti.

Imbasnya, pasangan yang kerap dipanggil FajRi tersebut untuk sementara ini memimpin klasemen BWF World Tour 2022 dengan tabungan 62.700 poin.

Torehan Fajar/Rian ini tentunya tidak terlepas dari penampilan gemilangnya. Total, mereka telah mengikuti 11 turnamen dari 16 seri BWF World Tour sejauh tahun ini.

Tujuh final mampu meraih raih dengan berhasil memenangi tiga gelar di antaranya. Yakni, Swiss Open 2022, Indonesia Masters 2022, dan terakhir Singapore Open 2022.

Baca Juga

Fajar/Rian menuturkan bahwa torehan gemilang tersebut sejatinya tidak dicapai dengan mudah. Ada momen di mana Fajar/Rian berada di titik terendah tahun ini, tepatnya di All England.

Pada Maret lalu, Fajar/Rian langsung tersingkir di babak pertama, sementara junior mereka, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, mampu keluar sebagai pemenang.

“Dari hasil kurang baik di awal tahun menjadikan kami ada motivasi lebih karena khusus di ganda putra persaingannya sangat ketat. Ada 6-7 pasangan Indonesia yang ingin jadi terbaik,” ungkap Fajar dalam rilis resmi PBSI.

Baca Juga

Kekalahan di All England ini menjadi titik balik kebangkitan Fajar/Rian. Mereka kini bermain tanpa memikirkan target terlalu jauh  namun berusaha menampilkan permainan terbaik.

“Setelah kalah di All England 2022, kami mengubah pola pikir menjadi tidak berpikir target terlalu jauh tapi bagaimana menampilkan permainan terbaik di satu pertandingan ke pertandingan berikutnya,” sambung Fajar.


1. Rian Ardianto: Rivalitas Ganda Putra Indonesia Sengit

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Final Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

Fajar/Rian pun juga menyadari bahwa persaingan ganda putra di Indonesia belakangan ini saja sudah sangat ketat.

Selain mereka, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang masuk Top 3, ada tiga pasangan ganda putra lain yang mulai menunjukkan sinarnya.

Baca Juga

Mereka adalah Bagas/Fikri yang memenangkan gelar All England, peraih emas SEA Games 2022 dan juara Singapore Open Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, serta juara Asia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Oleh karenanya, Fajar/Rian tidak mau bersantai-santai meski tengah berada di puncak performa saat ini. Sebab, selain di Indonesia, persainga ketat juga datang dari ganda putra luar negeri.

“Yang pasti kami terus kerja keras karena persaingan di ganda putra kan sangat ketat. Sesama Indonesia sudah ketat, belum lagi dari luar negeri,” tambah Rian.

Baca Juga

“Jadi benar-benar fokus di setiap pertandingan. Tidak menggebu-gebu untuk mau menang tapi mencoba enjoy dan mengeluarkan seluruh kemampuan,” pungkasnya.

Pekan depan, Fajar/Rian akan mengikuti ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 di Tokyo, Jepang. Ajang ini akan digelar pada 21-28 Agustus 2022.

Untungnya, Fajar/Rian langsung mendapatkan bye ke babak kedua berdasarkan drawing Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Namun demikian, Fajar/Rian berpotensi jumpa beberapa lawan sulit. Misalnya, unggulan ke-16 dari Jepang, Akira Koga/Taichi Sato di babak ketiga.

Baca Juga

Selain itu, mereka juga bisa berjumpa rekan senegara sekaligus nomor 1 dunia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, di babak perempat final.

Fajar/Rian debut di Kejuaraan Dunia pada tahun 2018 dengan terhenti di babak ketiga. Tahun berikutnya, mereka mampu menggondol medali perunggu atau juara ketiga di edisi Basel.


2. Prediksi Ranking Ganda Putra Usai Unfreeze BWF, Fajar/Rian Kangkangi Marcus/Kevin

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Final Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

Berikut adalah prediksi ranking bulutangkis ganda putra usai BWF mencabut aturan pembekuan (freeze) ranking pada 2 Agustus 2022 mendatang.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) secara resmi akan mencairkan ranking bulutangkis dunia (unfreeze) pada awal bulan Agustus, setelah pembekuan beberapa waktu lalu.

Prediksi peringkat ini dihitung berdasarkan penampilan para atlet bulutangkis sejak Olimpiade Tokyo 2020 sampai turnamen terakhir, yakni Chinese Taipei Open 2022.

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tidak akan lagi menghuni peringkat nomor satu, mengingat mereka absen cukup lama.


Baca selengkapnya: Prediksi Ranking Ganda Putra Usai Unfreeze BWF, Fajar/Rian Kangkangi Marcus/Kevin

BWFFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisBWF World TourKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini