x

Pasang Target Tinggi, Ganda Putri Indonesia Siap Tempur di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Jumat, 19 Agustus 2022 09:37 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Siti Fadia Silva Ramadhanti/Riba Sugiarto dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi jadi tumpuan meraih medali ganda putri Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

INDOSPORT.COM – Siti Fadia Silva Ramadhanti/Riba Sugiarto dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi tumpuan meraih medali di sektor ganda putri apapun warnanya pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Sebagaimana diketahui, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan dihelat di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, pada 22-28 Agustus.

Baca Juga

Indonesia mengandalkan dua pasangan di sektor ganda putri, yakni Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Berdasarkan hasil undian, Ribka/Fadia yang dipasangkan kembali akan berhadapan dengan Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Chinese Taipei), sementara Ana/Tiwi akan berjumpa Margot Lambert/Anne Tran (Perancis) di babak 64 besar.

Pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian, menuturkan bahwa kondisi semua pemain siap bertanding. Selain itu, mereka ditargerkan meraih medali untuk prestasi mereka sendiri.

Baca Juga

“Kondisi semua sudah siap bertanding di Kejuaraan Dunia, dan tentunya ada target medali yang kami harapkan dari pasangan-pasangan muda ini,” ujar Eng Hian dalam keterangan tertulis PP PBSI.

“Kami tidak bicara warna, tapi bisa membawa medali untuk prestasi mereka sendiri juga,” lanjutnya.

Target medali di Kejuaraan Dunia Bulutangakis 2022 secara khusus dibebankan kepada Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Baca Juga

Eng Hian berharap walaupun Fadia/Ribka sudah tidak berpasangan, namun dia ingin anak didiknya bermain dengan kemampuann terbaiknya.

“Untuk Ribka/Fadia lebih cenderung untuk mencapai prestasi secara individu, dalam arti kan Ribka/Fadia sudah tidak berpasangan, nah mereka masih ada kesempatan bermain lagi di Kejuaraan Dunia pastinya ingin mengukir prestasi,” sahut pelatih yang akrab disapa Didi tersebut


1. Fadia/Ribka Harus Tampilkan Kemampuan Terbaik

Aksi ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto di Badminton Asia Championship

“Walau setelah ini sudah tidak bersama tapi ada sebuah kebanggaan buat mereka pernah berprestasi di Kejuaraan Dunia ini. Jadi saya ingin Ribka/Fadia bermain dengan kemampuan terbaiknya untuk meraih medali sesuai target ganda putri,” harapnya.

Dua atlet ini memang telah dipisah beberapa bulan lalu. Ribka dipasangkan dengan Febby Valencia Dwijayanti Gani, sementara Fadia berduet dengan peraih medali emas Olimpiade Tokyo, Apriyani Rahayu.

Baca Juga

Sementara itu, Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dilaporkan sudah tiba di Tokyo bersama rombongan Indonesia lainnya.

Ketibaan di Bandara Narita pada Kamis (18/08/22) sore tersebut, disambut cukup meriah oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang.

Setelah itu, tim Indonesia langsung bertolak menuju hotel yang berjarak kurang lebih 72 km. Ditempuh selama satu jam 30 menit dengan bus.

Baca Juga

Sesampainya di hotel, tim pun bergegas melakukan tes PCR sebagai syarat yang diajukan panitia pelaksana. Lalu, menuju kamar untuk beristirahat.

Rionny Mainaky, selaku Kabid Binpres PP PBSI menyampaikan bahwa hari ini para atlet tidak diberikan program latihan apapun. Pemulihan kondisi dengan makan dan istirahat yang cukup menjadi fokusnya.

“Dengan demikian hari ini saya dan tim pelatih tidak memberikan program latihan apapun. Para atlet saya minta untuk makan yang bagus dan tidur yang cukup saja untuk mengembalikan kondisi tubuh yang kurang istirahat,” jelas Rionny.

Baca Juga

“Jadi saya harap besok kondisi mereka sudah kembali fit dan prima untuk siap menjalani latihan,” tutup Rionny.


2. Skuad Tim Indonesia di Kejuaran Dunia Bulutangkis 2022

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2022 sebentar lagi akan bergulir. Kejuaraan bergengsi tersebut akan diselenggarakan pada 22-28 Agustus 2022 mendatang  di Tokyo, Jepang.

Terbaru, demi menggapai tujuan tersebut, PBSI baru saja merilis nama-nama pemain yang akan turun dalam turnamen Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2022.

Dari sektor tunggal putra, ada nama Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Tommy Sugiarto.

Untuk sektor tunggal putri, tim Indonesia hanya menurunkan dua pemain, yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Pada sektor ganda putra Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, tim Indonesia menurunkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Bagas Maulana/Muhammad Sohibul Fikri.

Baca selengkapnya: Skuad Tim Indonesia di Kejuaran Dunia Bulutangkis 2022, Kevin/Marcus Kembali!

PBSIEng HianBulutangkisSiti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka SugiartoKejuaraan Dunia BulutangkisFebriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya PratiwiKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini