x

Malaysia di BWF World Tour Finals: Jarang Juara tapi Kirim Wakil Lebih Banyak dari Indonesia

Jumat, 11 November 2022 05:39 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Malaysia jarang mengantongi gelar juara di tahun 2022. Tetapi mereka bisa mengirimkan wakilnya lebih banyak dari Indonesia ke BWF World Tour Finals 2022.

INDOSPORT.COM – Malaysia bisa dikatakan sangat jarang mengantongi gelar juara di sepanjang tahun 2022. Tetapi mengapa mereka bisa mengirimkan wakilnya lebih banyak daripada Indonesia ke BWF World Tour Finals 2022?

Menjelang Australian Open 2022 (15-20 November) pekan depan, daftar pebulutangkis yang dinyatakan lolos dan bisa tampil di ajang BWF World Tour Finals 2022 sudah hampir komplit.

BWF World Tour Finals merupakan ajang penutup rangkaian turnamen satu musim penuh dan bakal dihelat pada 14-18 Desember 2022 di Guangzhou, China.

Hanya saja tak semua pebulutangkis bisa berpartisipasi di hajatan akbar ini. Sebab, hanya pebulutangkis yang menduduki posisi 8 besar ranking BWF World Tour Finals 2022 yang bisa tampil.

Perhitungan ranking pun berasal dari poin yang diraih oleh para atlet saat mengikutu turnamen baik dari ajang level BWF Super 100 hingga 1000.

Baca Juga

Namun terdapat fenomena aneh jika melihat daftar negara yang paling banyak meloloska wakilnya ke Guangzhou. Sejauh ini, Malaysia menduduki nomor 1 dalam daftar tersebut.

Malaysia tercatat berhasil meloloskan 12 wakilnya ke BWF World Tour Finals. Jumlah ini bahkan terbanyak dibandingkan negara lain seperti China (10), Thailand (8), dan Indonesia (8).

Baca Juga

Ganda putra nomor 4 dunia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, jadi wakil Malaysia yang pertama lolos secara otomatis karena menjadi Juara Dunia di Jepang.

Selain itu, ada ganda putri jawara French Open 2022, Pearly Tan/ Thinaah Muralitharan, yang akan ditemani pasangan peringkat 32 dunia, Vivian Hoo/Lim Chiew Sien

Beberapa pemain independen Malaysia juga sudah mengamankan tempatnya, yakni ganda putra independen Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie (ganda campuran).

Baca Juga

1. Malaysia Rajin Kirim Wakilnya ke Turnamen BWF World Tour 2022

Pasangan ganda putra Ong Yew Sin/Teo Ee Yi

Lolosnya sejumlah wakil tersebut rupanya tidak sejalan dengan jumlah gelar yang dikantongi Malaysia, di mana negara berjulukan Negeri Jiran ini hanya meraup 7 trofi kemenangan

Malaysia berada di urutan ke-7 dalam klasemen gelar Super 300 hingga Super 1000, sama denga India tetapi terpaut satu trofi gelar dari Korea Selatan dan Thailand.

Bahkan,  Malaysia kalah jauh dari Jepang yang mengantongi 9 gelar, Indonesia dengan 13 gelar juara serta China dengan 22 gelar juara sejauh musim ini.

Bukan sebuah kebetulan. Malaysia meski jarang meraih juara namun ternyata rajin mengirimkan banyak wakilnya ke beberapa turnamen bergengsi.

Contohnya, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi sejauh ini sudah melakoni 12 turnamen dengan sekali menjadi semifinalis dan lima kali menjadi perempat finalis.

Baca Juga

Demikian juga dengan Pearly/Thinaah yang melakoni 10 turnamen, meraih hasil positif dengan tiga kali mencapai semifinal sebelum keluar sebagai pemenang di Prancis.

Ada pun dari sektor ganda campran, Goh Soon Huat/Shevon Lai Jamie mengikuti 15 turnamen, terbanyak di antara peserta BWF World Tour Finals. Sedangkan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing mengikuti 13 turnamen.

Baca Juga

Catatan ini cukup kontras dengan delapan wakil Indonesia yang dinyatakan lolos ke Guangzhou. Rata-rata para pemain Indonesia hanya mengikuti 12-13 turnamen sejauh musim ini.

Ada pun wakil Indonesia yang sudah berhasil lolos yakni dua ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dua tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Satu lagi wakil Indonesia datang dari ganda campuran, yakni pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Baca Juga

2. Apriyani/Fadia dan Rehan/Lisa Jadi 'Korban' Plotwist

Pasangan ganda putri Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di podium juara Hylo Open 2022. (Foto: PBSI)

Indonesia sejatinya punya kans menambah wakilnya di BWF World Tour Finals lewat Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri) dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (ganda campuran), tetapi dua wakil tersebut mengalami plotwist di detik-detik akhir.

Apriyani/Fadia yang tampil memukau dengan mengantongi dua gelar (Malaysia Masters, Singapore Open) dan sekali runner-up Indonesia Masters, dinyatakan tak lolos BWF World Tour Finals 2022.

Apriyani/Fadia tergusur dari daftar kualifikasi setelah kandas di babak pertama French Open 2022.  Kans pun semakin pupus saat mereka tak ikut di ajang Hylo Open dan Australian Open.

Posisi Apriyani/Fadia selanjutnya direbut oeh Vivian Hoo/Lim Chiew Sien yang memastikan satu tempat  usai bermain di babak 16 besar Hylo Open.

Hasil plotwist juga dialami oleh pasangan ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, yang dipastikan tak lolos ke BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

Rehan/Lisa mencuri perhatian selama penampilan mereka di Eropa. Di French Open 2022, Rehan/Lisa tampil meyakinkan hingga mampu mencapai semifinal sebelum disingkirkan pasangan Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek.

Seperti ingin balas dendam, Rehan/Lisa tampil membabi buta di Hylo Open. Pada turnamen yang digelar di Jerman ini, Rehan/Lisa bahkan mampu mencapai babak final.

Rehan/Lisa akhirnya memenangkan gelar Hylo Open usai menaklukkan Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China), yang menjadi gelar pertamanya di BWF World Tour sejak dipasangkan pada Maret 2019.

Baca Juga

Secara matematis, poin Rehan/Lisa belum cukup untuk menembus 8 besar Race to Guangzhou dan menyusul seniornya Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang lebih dulu lolos.  

Dibandingkan Indonesia, Malaysia masih bisa memperpanjang daftar wakilnya yang akan bermain di BWF World Tour Finals. Satu pemain yang dimaksud adalah Lee Zii Jia.

Namun, tunggal putra nomor 2 dunia itu harus berjuang memperebutkan tempat terakhir atau kualifikasi 8 dengan tampil di Australia Terbuka (15-20 November) di Sydney.

Baca Juga
IndonesiaMalaysiaBulutangkisTeo Ee Yi/Ong Yew SinAaron Chia/Soh Wooi YikBerita BulutangkisBWF World TourRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu KusumawatiPearly Tan/Thinaah MuralitharanAustralian Open 2022Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini