x

Statistik Horor 7 Rival Gregoria di World Tour Finals 2022, Bisakah Indonesia Happy Ending?

Minggu, 4 Desember 2022 10:40 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bisakah Gregoria Mariska happy ending melewati statistik horor tujuh rivalnya di ajang BWF World Tour Finals 2022? mari menilik peluang wakil Indonesia itu.

INDOSPORT.COM – Bisakah Gregoria Mariska happy ending melewati statistik horor tujuh rivalnya di ajang BWF World Tour Finals 2022? mari menilik peluang wakil Indonesia itu.

BWF World Tour Finals 2022 tinggal beberapa hari lagi akan digelar. Tepatnya di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, pada 7-11 Desember 2022.

Indonesia total mengirimkan tujuh perwakilan yang lolos kualifikasi BWF World Tour Finals 2022. Salah satunya adalah tunggal putri Gregoria Mariska.

Gregoria Mariska lolos kualifikasi BWF World Tour Finals 2022 dengan status seeding atau unggulan ke delapan menggantikan Pusarla Venkata Sindhu yang mundur karena cedera.

Pebulutangkis asal Wonogiri tersebut memecahkan sejarah sebagai tunggal putri Indonesia pertama yang lolos ke BWF Finals dengan format baru sejak dimulai pada 2008.

Baca Juga

Terakhir tunggal putri Indonesia yang naik podium BWF World Tour Finals adalah Susy Susanti pada edisi 1990, 1991, 1992, 1993, 1994, 1996.

Gregoria Mariska berkesempatan untuk meneruskan kedigdayaan Susy Susanti, meski jalan yang dilaluinya di BWF World Tour Finals 2022 cenderung berat.

Gregoria Mariska memang apik menunjukkan kenaikan performa pada 2022, namun jika dibandingkan tujuh kontestan kualifikasi, sungguh berat perjuangan yang harus dilalui.

Mereka adalah Chen Yu Fei (China), Tai Tzu Ying (Chinese Taipei), He Bingjiao (China), An Se-young (Korea Selatan), Ratchanok Intanon (Thailand), Busanan Ongbamrungphan (Thailand), dan Akane Yamaguchi (Jepang).

Dari segi head to head, kecuali dengan Busanan Ongbamrungphan, Gregoria Mariska selalu apes tiap jumpa dengan para rival lainnya. Simak statistik horor para rival Gregoria Mariska di ajang BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

1. Chen  Yu Fei

Rival pertama Gregoria Mariska adalah Chen Yu Fei. Gregoria Mariska sebagai seeding delapan, berpotensi untuk langsung berjumpa Chen Yu Fei sebagai seeding pertama BWF World Tour Finals 2022.

Tentu ini adalah awal yang berat bagi Gregoria Mariska. Apalagi secara head to head, Gregoria Mariska tertinggal 1-4 atas peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 tersebut.

Belum lagi performa Chen Yu Fei yang cukup apik di tahun ini, dengan mencapai satu gelar di Malaysia Masters 2022, enam runner up, dan tiga semifinalis.

2. Tai Tzu Ying

Tai Tzu Ying menempati seeding kedua dan berpotensi juga untuk langsung jumpa Gregoria Mariska di BWF World Tour Finals 2022. Sungguh misi berat bagi Gregoria Mariska yang ingin revans dari tujuh kekalahannya dari Tai Tzu Ying. 

Belum lagi Tai Tzu Ying menjadi tunggal putri tersukses saat ini di ajang BWF World Tour Finals. Dalam sembilan partisipasinya di ajang ini, dia telah menggenggam tiga trofi di tahun 2014, 2016, 2020.

Baca Juga

1. Statistik Horor Rival Gregoria Mariska

Statistik horor para rival Gregoria Mariska di ajang BWF World Tour Finals 2022.

3. He Bingjiao

He Bingjiao perlu diwaspadai Gregoria Mariska. Tahun ini He Bingjiao menjadi tunggal putri pengoleksi gelar terbanyak dengan empat trofi di ajang BWF World Tour.

Pebulutangkis China itu berkesempatan untuk meraih gelar BWF World Tour Finals pertamanya dalam partisipasi kelimanya di ajang ini.

Tentu misi yang berat bagi Gregoria Mariska yang ingin revans atas dari He Bingjiao. Karena faktanya, lima pertemuan sebelumnya, Gregoria Mariska masih kesulitan untuk menang.

4. An Se-young

An Se-young adalah peraih trofi BWF World Tour Finals tahun lalu. Dia total menggapai tiga gelar BWF World Tour tahun ini, dan dua kali menjadi semifinalis.

Dengan catatan tersebut, Gregoria Mariska perlu bekerja keras untuk bisa revans dari An Se-young yang telah mengalahkannya dalam tiga pertemuan sebelumnya.

Baca Juga

5. Ratchanok Intanon

Bagi Gregoria Mariska, Ratchanok Intanon adalah idola sekaligus pekerjaan rumah terberat yang harus dikalahkannya di BWF World Tour Finals 2022.

Sejauh ini, Gregoria Mariska sudah delapan kali bertemu Ratchanok Intanon, namun belum pernah sekalipun meraih kemenangan.

Belum lagi secara statistik, penampilan Ratchanok Intanon di tahun ini cenderung meningkat meskipun tahun lalu sempat menurun karena diterpa badai cedera.

Ratchanok Intanon telah meraih satu gelar juara di Malaysia Open 2022 yang akhirnya memgakhiri penantian panjang jagoan Thailand itu sejak terakhir ke podium dua tahun lalu.

6. Busanan Ongbamrungphan

Gregoria Mariska memiliki head to head 4:2 atas Busanan Ongbamrungpham. Fantastisnya, Gregoria meraih empat kemenangan beruntun di pertemuan terakhir.

Baca Juga

Bisa dibilang peluang Gregoria sedikit lebih diuntungkan seandainya dia berada di satu grup dengan pebulutangkis Thailand tersebut.

Hanya saja, mungkin Gregoria MAriska juga perlu waspada mengingat pencaiapaian baik Busanan jelang BWF World Tour Finals 2022. Tercatat Busanan sudah sukses menjuarai India Open dan runner up Swiss Open tahun ini.

7. Akane Yamaguchi

Tunggal putri ranking satu dunia sekaligus juara dunia 2022, Akane Yamaguchi, perlu diwaspadai Gregoria Mariska di ajang BWF World Tour Finals 2022.

Statistiknya di tahun 2022 pun cukup mengerikan dengan menjuarai dua gelaran BWF World Tour. Meski Gregoria Mariska pernah mengalahkan, namun Akane Yamaguchi unggul dengan sembilan kemenangan dari 12 pertemuan.

Dengan statistik horor tujuh rivalnya di BWF World Tour Finals 2022 tersebut, bisakah Gregoria Mariska akan happy ending untuk mengakhiri musim ini?

Baca Juga
IndonesiaGregoria MariskaBulutangkisBerita BulutangkisBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini