x

Tembus Final, Jonatan Christie Perkuat Dominasi Tunggal Putra Tanah Air di Indonesia Masters

Sabtu, 28 Januari 2023 17:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie usai mengalahkan Shi Yuqi dan melenggang ke final Indonesia Masters 2023.

INDOSPORT.COM - Sukses melenggang ke partai final Indonesia Masters 2023, Jonatan Christie menegaskan dominasi tunggal putra Tanah Air di ajang Super 500 itu.

Jonatan Christie baru saja memastikan langkahnya ke babak final Indonesia Masters 2023, usai mengalahkan Shi Yuqi dalam pertarungan tiga set, Sabtu (28/01/23).

Bertanding di bawah gemuruh penonton Istora Senayan, Jakarta, Jonatan Christie akhirnya berhasil menang atas Shi Yuqi (China) dengan skor 21-13, 15-21, 21-19.

Jonatan hanya tinggal menunggu siapa penantangnya di final, apakah sesama atlet Pelatnas, Chico Aura Dwi Wardoyo, ataukah atlet asal Hongkong, NG Ka Long Angus.

Namun, siapa pun lawannya di final nanti, Jonatan Christie secara head to head lebih unggul dari kedua pemain tersebut.

Baca Juga

Sebab, kemenangan ini memastikan Jojo sebagai tunggal putra terbaik nomor dua dunia, menyalip Anthony Sinisuka Ginting. Nomor satu masih dimiliki Viktor Axelsen.

Sementara Chico Aura Dwi Wardoyo kini menduduki peringkat ke-23, dan NG Ka Long Angus ada di peringkat 18 dunia.

Jonatan Christie tentu satu langkah lebih diunggulkan ketimbang Chico atau Angus.

Baca Juga

Sebelumnya, dari total 12 kali perhelatan Indonesia Masters, Indonesia sudah pernah menjuarai tujuh kali di sektor tunggal putra.

Jonatan kini berpeluang untuk melanjutkan dominasi itu, meraih gelar kedelapan dan naik podium tertinggi di Indonesia Masters, melanjutkan jejak para pemain seniornya.

Lantas, siapa saja tunggal putra Tanah Air yang berhasil menjuarai Indonesia Masters dari masa ke masa? Berikut rangkuman INDOSPORT untuk Anda.

Baca Juga

1. Dominasi Hayom Rumbaka dan Ginting, Jonatan Selanjutnya?

Anthony Sinisuka Ginting saat meraih gelar juara Indonesia Masters 2018.

Pada edisi pertama Indonesia Masters 2010, Taufik Hidayat menjadi tunggal putra Tanah Air yang berhasil mengunci gelar juara. Kala itu ia mengalahkan rekan senegara, Hayom Rumbaka.

Kemudian di Indonesia Masters 2011, Hayom Rumbaka membalas dendam dan berhasil naik podium juara. Tetapi kala itu Hayom mengalahkan Tommy Sugiarto di final.

Berikutnya di edisi Indonesia Masters 2012, podium tunggal putra berhasil dikuasai oleh Sony Dwi Kuncoro. Ia mengalahkan Hayom Rumbaka di final.

Beranjak ke Indonesia Masters 2013, giliran Simon Santoso yang berhasil mengkudeta puncak tertinggi. Masih sama, pesaingnya di babak final adalah Hayom Rumbaka.

Sayangnya di Indonesia Masters 2014, Firman Abdul Kholik gagal meneruskan tren positif tunggal putra Indonesia. Ia kalah dari pebulutangkis India di final.

Baca Juga

Indonesia Masters 2015 kembali menjadi panggung kejayaan tuan rumah. Giliran Tommy Sugiarto yang jadi juara, usai menaklukkan pebulutangkis India. 

Tahun 2016, wakil Indonesia kandas, dan tahun 2017, kejuaraan Indonesia Masters tidak dihelat. Barulah pada ajang Indonesia Masters 2018, tahta tunggal putra kembali.

Baca Juga

Giliran Anthony Sinisuka Ginting yang naik podium tertinggi, menjuarai Indonesia Masters 2018, mengalahkan pesaing andalan Jepang. 

Memasuki edisi Indonesia Masters 2020, Anthony Ginting kembali juara. Kali ini ia menaklukkan juara bertahan, Anders Antonsen asal Denmark.

Walau dua tahun berikutnya puasa gelar, semoga Jonatan Christie atau Chico Aura Dwi Wardoyo kembali mempersembahkan gelar juara Indonesia Masters 2023 nanti.

Baca Juga
Simon SantosoTommy SugiartoAnthony Sinisuka GintingTaufik HidayatHayom RumbakaJonatan ChristieSony Dwi KuncoroIndonesia MastersDionysius Hayom RumbakaFirman Abdul KholikAnthony GintingTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisIndonesia Masters 2023Indonesian Masters 2023

Berita Terkini