Liga 1

Arema Terapkan Kebijakan Khusus soal Harga Tiket

Jumat, 21 April 2017 10:27 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Tengku Sufiyanto
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Arema terapkan kebijakan khusus soal harga tiket. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Arema terapkan kebijakan khusus soal harga tiket.

Arema FC tahu betul betapa besar peran suporter dalam kelangsungan hidup klub. Maka dari itu, panitia pelaksana (panpel) pertandingan Arema menerapkan kebijakan khusus soal harga tiket pertandingan untuk kompetisi Gojek Traveloka Liga 1.

Awalnya, panpel Arema berencana menaikkan harga tiket sebesar Rp40 ribu untuk kategori ekonomi, sementara kursi VIP dan VVIP tetap sama. Namun, rencana itu akhirnya direvisi setelah mendapat beberapa protes dari para Aremania.

"Akhirnya disepakati, harga Rp40 ribu hanya diberlakukan dalam enam big match Liga 1. Di luar itu (11 pertandingan kandang lainnya), harga tiket tetap sama seperti musim lalu," kata Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris.

Abdul Haris menambahkan, jika kenaikan harga Rp5 ribu otomatis akan diterapkan di semua kategori. Termasuk tiket kategori VIP seharga Rp100 ribu dan VVIP Rp150 ribu.

"Untuk big match, semua sepakat harga naik sebesar Rp5 ribu untuk semua kategori," ujarnya.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSuporter Arema FC, Aremania.

Di sisi lain, panpel Arema juga kembali memberlakukan tiket gelang pada setiap laga kandang di Liga 1 musim ini. Sebelumnya, kebijakan ini sempat ditinggalkan lantaran besarnya selisih biaya pencetakan tiket gelang dibandingkan dengan konvensional berupa kertas yang disobek saat melalui pintu masuk.

"Tapi karena waktu yang kurang ideal, tiket gelang baru diterapkan di 16 pertandingan kandang Arema setelah menjamu Bhayangkara FC, 23 April besok," kata Abdul Haris.

Meski kembali membengkak dalam anggaran, namun setidaknya panpel sudah berupaya untuk menekan angka kebocoran kehadiran penonton. Pasalnya, di TSC 2016 musim lalu masih banyak kebocoran tiket konvensional yang tidak disobek dan diputar kembali oleh para oknum calo.

"Perbandingannya, tiket konvensional bisa bocor sampai lima persen (dari penghitungan total penjualan tiket dibanding kehadiran penonton). Tapi dengan tiket gelang, kebocoran bisa ditekan sampai 1 persen saja," tutup pria yang juga menjabat sebagai Kepala UPTD Stadion Kanjuruhan.

Berikut enam laga big match yang diberlakukan kebijakan khusus soal harga tiket:

07/07/17 Arema FC vs Sriwijaya FC
16/07/17 Arema FC vs Persipura Jayapura
12/08/17 Arema FC vs Persib Bandung
30/08/17 Arema FC vs PSM Makassar
24/09/17 Arema FC vs Persija Jakarta
04/11/17 Arema FC vs Semen Padang FC

552