Kakek Jennifer Bachdim Ternyata Warga Tionghoa Sempat Perkuat Timnas Indonesia

Rabu, 13 September 2017 10:46 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
 Copyright:

Jejak warga keturunan Tionghoa di dunia sepakbola Indonesia memang sepoi-sepoi tercium. Pemain bola berdarah Tiongkok itu tak banyak. Kita mengenal nama Kim Jeffrey Kurniawan serta Sutanto Tan. Namun tahukah Anda, ternyata ada dari mereka yang masuk Timnas negeri ini. Salah satunya kakek dari Jennifer Bachdim, Kwee Hong Sing.

Tak banyak literatur mengenai Kwee Hong Sing. Dari berbagai sumber disebutkan, Hong Sing merupakan mantan pemain Timnas Indonesia di era 1950-an. Dia juga pernah bermain di klub Persija Jakarta. 

Tak hanya Kwee Hong Sing, bakat para pemain bola keturunan ini pun menyeruak ke atas. Adalah Tan Liong Houw, Beng Ing Hen Thio HimTjiang, hingga Chris Ong, mereka ikut memperkuat Timnas 50-an dan sepakbola Indonesia pun merambah Asia dan Dunia. 

© Goal
Kwee Hong Sing, Kakek Jennifer Bachdim Copyright: GoalKwee Hong Sing, Kakek Jennifer Bachdim

Meski pamor Kwee Hong Sing tak setenar Tan Liong Houw yang menjadi bintang Persija kala itu, namun setidaknya bagi Jennifer dan Kim sang kakek tetap bintang serta memberikan kontribusi besar darah sepakbola di tubuh mereka. Dari unggahan status Facebook Kim Kurniawan diketahui sang kakek meninggal pada 30 November 2001 lalu. Semoga semangat juangnya untuk dunia sepakbola Indonesia terus menyala meski jasad Kwee Hong Sing sudah tak ada.

879