Liga Champions 2017/18

Kalah dari Basel, Ibrahimovic Malah Catat Rekor Baru di Liga Champions

Kamis, 23 November 2017 06:56 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Zlatan Ibrahimovic memberikan instruksi kepada para pemainnya. Copyright: © Getty Images
Zlatan Ibrahimovic memberikan instruksi kepada para pemainnya.

Manchester United belum mampu memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2017/18 usai dikalahkan FC Basel pada laga pekan kelima penyisihan Grup A, Kamis (23/11/17) dini hari WIB. Laga yang berlangsung di St. Jakob-Park itu dimenangkan oleh tim tuan rumah dengan skor 1-0 lewat angka yang disumbangkan oleh Michael Lang.

Meski gagal meraih poin tambahan, skuat asuhan Jose Mourinho masih nyaman di posisi puncak klasemen sementara dengan torehan 12 poin, diikuti Basel dengan sembilan poin. Sementara di posisi ketiga terdapat CSKA Moscow dengan sembilan poin juga, hanya saja kalah dalam urusan selisih gol.

Selisih poin yang tidak terlalu jauh itu pun mengharuskan Man United meraih kemenangan pada laga akhir kontra CSKA Moscow yang akan berlangsung pada Rabu (06/12/17) mendatang untuk melaju ke babak berikutnya.

© INDOSPORT
FC Basel vs Manchester United. Copyright: INDOSPORTFC Basel vs Manchester United.

Untuk hasil laga tadi pagi itu, meskipun tim merasakan kenyataan pahit, namun salah satu pemainnya berhasil menorehkan rekor tersendiri.

Adalah Zlatan Ibrahimovic, yang mampu mencetak rekor dengan menjadi pemain pertama yang tampil di kompetisi elite Eropa tersebut dengan tujuh tim yang berbeda. Rekor itu berhasil dicatatkan usai dirinya diturunkan Mourinho saat melawan Basel di menit ke-74, menggantikan Anthony Martial.

Melansir dari laman resmi UEFA, Ibra sudah bermain bersama Man United, Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, dan Paris Saint-Germain. Catatan itu pun membuat pria berusia 36 tahun tersebut berhasil mengalahkan rekor milik mantan pemain Barcelona, Javier Saviola. Tercatat, Saviola bermain di enam klub, yaitu Olympiacos, Malaga, Benfica, Real Madrid, Barcelona, dan AS Monaco.

© INDOSPORT
Zlatan Ibrahimovic melakukan debut di Liga Champions bersama Manchester United. Copyright: INDOSPORTZlatan Ibrahimovic melakukan debut di Liga Champions bersama Manchester United.

Selain itu, dirinya juga menjadi pemain yang berhasil mencatat banyak gol di Liga Champions, yaitu 49 gol. Perinciannya ialah 20 gol bersama PSG, sembilan gol bersama Milan, empat gol untuk Barcelona, enam gol dengan Inter, tiga gol bersama Juventus, dan tujuh gol untuk Ajax.

Jika nantinya Ibra kembali mencetak gol bersama MU, catatan angka miliknya itu tentunya tidak akan terkejar lagi. Terdekat, ada Hernan Crespo yang berhasil menyumbangkan angka untuk lima tim berbeda dengan total 25 gol.

© 101 Great Goals
Selain Zlatan Ibrahimovic ini 7 pesepakbola dunia yang suka liburan di Indonesia. Copyright: 101 Great GoalsZlatan Ibrahimovic.

Kini, Ibra nampaknya mempunyai misi tersendiri yang belum terpenuhi hingga saat ini. Walaupun sudah memperkuat tujuh tim berbeda di Liga Champions, sang pemain hingga saat ini belum mampu mengangkat trofi juara.

2.4K