Liga Indonesia

AFC Selidiki Polemik Transfer Evan Dimas dan Ilham Udin ke Selangor FA

Senin, 1 Januari 2018 12:34 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Asian Football Confederation ikutmenyoroti kasus transfer Evan Dimas dan Ilham Udin ke klub Malaysia, Selangor FA. AFC pun bergerak cepat dengann sedang mendalami polemik transfer dua penggawa Timnas Indonesia itu dari Bhayangkara FC ke Selangor.

Evan dan Ilham sebelumnya dilarang oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, untuk bergabung dengan Selangor FA. Edy menganggap jika keduanya bermain di Malaysia maka keduanya akan kesulitan kala dipanggil untuk membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23.

Sebagaimana diketahui, Timnas U-23 sebentar lagi akan mempersiapkan agenda untuk Asian Games 2018 mendatang. Bergabungnya Evan dan Ilham ke Selangor ditakutkan akan menggangu persiapan mereka untuk memperkuat Timnas U-23 di ajang Asian Games 2018. 

AFC kini tengah mendalami polemik larangan Ketua Umum PSSI pada Evan dan Ilham agar tak bergabung dengan Selangor FA. Padahal keduanya sudah menandatangani kontrak semusim bersama klub berjuluk The Red gianrts tersebut.

Dato' Windsor Paul John, sekretaris jenderal AFC angkat bicara terkait hal ini. Ia menegaskan jika kebebasan pemain untuk bermain dinegara manapun itu adalah kehendak pemain itu sendiri.

Dato

"Bagaimanapun, berdasarkan apa yang dimaklumkan, tindakan itu lebih bersifat sebagai permintaan kepada pemain Indonesia bagi memantapkan tim nasional mereka," ujar Windsor seperti dilansir dari laman Harian Metro.

"Saya rasa kembali kepada kehendak pemain itu sendiri untuk membuat keputusan. Dalam waktu dekat ini belum bisa diambil tindakan karna ia (Evan dan Ilham) belum bermain (di Selangor)," tambahnya.

"Kalau itu (Jika dipanggil Timna) dijadikan peraturan, AFC perlu melihat dulu apa yang dimaksudkan dalam peraturan tersebut dan jika didapati melanggar peraturan FIFA dan juga AFC, kami bisa memulakan investigasi karena pemain bebas bermain untuk klub dan di negara manapun," tegasnya lagi. 

Kini, Evan dan Ilham sendiri masih berada di kampung halamannya masing-masing. Padahal, seharusnya di minggu terakhir Desember lalu keduanya sudah harus mengikuti latihan bersama Selangor di Malaysia.

55