Liga Indonesia

Alasan PSSI Kesulitan Cari Lawan Tanding di Test Event

Jumat, 19 Januari 2018 18:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

Federasi sepakbola Indonesia, PSSI memastikan gelaran test event Asian Games 2018 kemungkinan besar mundur dari jadwal yang telah ditetapkan. Hal itu dikarenakan hingga saat ini belum ada peserta atau negara yang diundang memberikan jawaban pasti.

Wakil ketua umum PSSI, Joko Driyono mengatakan pihaknya dan Inasgoc (panitia lokal Asian Games) cukup kesulitan mendatangkan tim lawan seperti Yordania, Suriah, Arab Saudi, Korea Selatan dan lainnya karena saat ini negara-negara tersebut mengikuti Piala Asia U-23 di China. 

"Tidak mudah untuk mendatangkan tim besar datang ke sini. Karena ada Piala Asia U-23 di China yang sedang berlangsung dan itu jadi tantangan tersendiri," ucapnya.

© bolanasional.com
Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Copyright: bolanasional.comWakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Karena kesulitan tersebut, PSSI berharap gelaran test event khusus sepakbola sebaiknya dijadwalkan kembali. Keinginan tersebut terlontar agar nantinya semua persiapan dapat dilakukan dengan matang. 

Selain jadwal test event yang mundur, PSSI dan Inasgoc juga tidak bisa menggunakan venue pertandingan sesuai rencana awal. Hal itu dipastikan setelah Stadion Patriot, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Stadion Si Jalak Harupat, maupun Stadion Wibawa Mukti akan direnovasi dalam waktu dekat untuk menyambut Asian Games.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Hargianto melakukan umpan panjang. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTimnas Indonesia U-23 batal bertanding di test even dalam waktu dekat.

"Untuk kepentingan bersama buat Asian Games, venue yang sebelumnya dipersiapakan tidak bisa dipakai karena renovasi. Jadi kita fokuskan pada Stadion Gelora Bung Karno," urai Joko Driyono.

Sebagai informasi, PSSI merencanakan mengundang tujuh negara Asia untuk berpartisipasi di test event. Hal itu diperlukan bukan untuk mengukur kekuatan Timnas Indonesia U-23, melainkan fokus pada penyelenggaraan atau yang berhubungan dengan keberlangsungan acara.

2