Sudah Semakin Dekat, Baru Satu Negara Pastikan Ikut Test Event Cabang Basket

Jumat, 19 Januari 2018 16:11 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Pelaksanaan test event Asian Games 2018 sudah semakin dekat. Test event akan dilaksanakan pada rentang waktu 10-24 Februari 2018 dan mempertandingkan sembilan cabang olahraga yaitu panahan, atletik, angkat besi, bola basket, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo dan bola voli indoor.

Namun dari kesembilan cabang olahraga tersebut hanya sepak bola, bola basket dan bola voli indoor yang belum bisa memberikan kepastian peserta kepada INASGOC. Khusus untuk Basket, baru ada satu negara yang telah memastikan akan mengikuti test event. 

Kepastian ini didapat dari Manajer Arena cabor bola basket Asian Games 2018, Riska Natalia Dewi. Riska menyebut baru satu negara yaitu Thailand yang memastikan diri berpartisipasi dalam turnmen uji coba atau "test event" Asian Games 2018 di awal Feruari 2018 mendatang. 

Perempuan yang akrab disapa Baby itu menyebut pihaknya kini masih mengusahakan dua negara lain yaitu India dan Laos agar bisa mengikuti jejak Thailand agar test event bola basket bisa diikuti oleh empat negara termasuk Indonesia.

© HUMAS PBSI
Indonesia Masters 2018 bakal menjadi event pertama Istana Olahraga (Istora) setelah direnovasi. Copyright: HUMAS PBSI Istana Olahraga (Istora) setelah direnovasi.

"Sebenarnya federasi bola basket India dan Laos sudah mengonfirmasi bahwa mereka ikut test event ke federasi bola basket Indonesia, dalam hal ini Perbasi. Namun kedua negara tersebut belum mendaftar melalui komite olimpiade atau NOC masing-masing negara yang menjadi syarat test event Asian Games 2018," ujar Riska. 

Untuk itu, pihaknya dan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) terus berkomunikasi dengan India dan Laos agar segera melakukan pendaftaran melalui NOC mereka ke NOC Indonesia yakni Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Hal tersebut dilakukan karena pihak Panitia Pelaksana Asian Games 2018 INASGOC menegaskan test event untuk olahraga permainan seperti bola basket minimal harus diikuti empat negara termasuk Indonesia.

"Pendaftaran melalui NOC inilah yang masih kami tunggu. KOI sendiri sudah membantu kami berkomunikasi dengan NOC di India dan Laos, untuk menjelaskan bahwa timnas bola basket mereka sudah setuju bermain di test event, tinggal mendaftarkan saja," tutur Riska.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pebasket CLS Knights, Mario Wuysang (kanan) mencoba melewati pemain Satya Wacana. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMario Wuysang (kanan) salah satu penggawa Timnas.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Manajer klub Satria Muda Pertamina ini melanjutkan, sampai saat ini belum memiliki alternatif rencana jika seandainya India dan Laos tidak memberikan kepastian dalam waktu satu minggu ke depan.

Satu minggu merupakan batas waktu yang diberikan INASGOC bagi tim bola basket untuk memberikan daftar peserta test event. Terkait test event bola basket, Riska mengungkapkan bahwa kompetisi akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada 8-14 Februari 2018.