Bola Internasional

Disebut Pingsan Sebelum Dilarikan ke Rumah Sakit, Pele: Itu HOAX!

Sabtu, 20 Januari 2018 15:46 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Legenda sepakbola Brasil, Pele menampik soal kabar bohong yang telah meluas soal dirinya yang dilarikan ke rumah sakit akibat kelelahan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh juru bicara pemain yang telah tiga kali menjuarai Piala Dunia tersebut. 

Pria berusia 77 tahun tersebut memang tengah menjalani masa istirahat di rumahnya sejak tak hadir dalam acara makan malam yang digelar oleh Football Writers Association (FWA) yang memberikannya penghargaan. Hal ini  diungkapkan langsung oleh juru bicaranya, Jose Fornos Rodrigues. 

©
Caption Copyright: Pele dalam konferensi pers Piala Dunia Brasil

Sebelumnya, FWA disebut telah mengembuskan isu lewat pernyataan yang mengklaim Pele dibawa ke rumah sakit usai dirinya pingsan akibat kelelahan. Namun Rodrigues secara tegas menampik kabar tersebut. 

"Dia hanya tak ingin melakukan perjalanan panjang dan melelahkan ke London. Karena ia harus keluar masuk berapa pesawat dan bandara untuk tiba di sana," ungkap Rodrigues dikutip BBC Sports. "Hanya itu saja."

© Getty Images
Caption Copyright: Getty ImagesLegenda sepakbola Brasil, Pele

Sebelumnya, satu-satunya pemain yang pernah memenangkan tiga kali Piala Dunia tersebut dikabarkan tengah menjalani sejumlah pemeriksaan medis dan menemukan sejumlah indikasi dirnya mengalami kelelahan, seperti yang diinformasikan oleh FWA.

"Ia mendapat perawatan lewat cairan, sementara dokter masih terus memantau perkembangan kesehatannya. Syukurlah tidak ada hal serius yang perlu dikhawatirkan," ungkap FWA, dikutip BBC Sports.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Pele memang dikabarkan menghadapi masalah prostat dan ginjal. Kondisi ini memaksa dirinya harus mengalami sejumlah perawatan di rumah sakit. 

Pele memang telah menjadi pemain terhebat sepanjang masa dengan raihan 1.281 gol dalam 1.363 penampilan selama 21 tahun kariernya, termasuk 77 gol dalam 92 caps untuk Brasil. Dia membantu negaranya memenangkan Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970 dan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FIFA.