Liga Inggris

Legenda Liverpool: Arsenal Tak Berkembang Bila Terus Diasuh Wenger

Senin, 22 Januari 2018 08:18 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger. Copyright: © Getty Images
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Dalam lanjutan Liga Primer Inggris 2017/18 pekan ke-24 pada Sabtu (20/01/18) lalu, Arsenal berhasil meraih kemenangan besar 4-1 kala menjamu Crystal Palace di Emirates Stadium.

Kemenangan tersebut pun memutus rentetan hasil minor The Gunners, yang sebelumnya tidak pernah meraih kemenangan di lima laga terakhir. Melihat permainan gemilang para pemain Arsenal di laga tersebut membuat banyak pihak berasumsi bahwa ini merupakan awal kebangkitan mereka.

© Premier League
Selebrasi para pemain Arsenal. Copyright: Premier LeagueSelebrasi para pemain Arsenal.

Namun, hal berbeda justru disampaikan legenda Liverpool yang pernah tujuh tahun memperkuat Arsenal, Michael Thomas. Pria kelahiran 24 Agustus 1967 tersebut dengan gamblang menyatakan bahwa permainan Arsenal sudah stagnan sejak satu dekade terakhir.

"Hasil pertandingan itu memang fantastis, namun hal itu sudah biasa untu Arsenal. Cepat atau lambat, mereka memang akan bisa meraih kemenangan. Tapi bagi saya, kemenangan-kemenangan seperti ini tidak akan berarti bila mereka tidak juara liga," ujar Thomas seperti dikutip dari Sky Sports News.

© INDOSPORT
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger. Copyright: INDOSPORTSudah sepuluh tahun lebih Wenger tidak membuat Arsenal menjuarai Liga Inggris.

"Menurut pengamatan saya, permainan mereka sama sekali tidak mengalami perkembangan. Beberapa musim lalu, mereka memang menjuarai Piala FA, tapi itu bila diibaratkan cuma mentega saja," tambah pria yang pernah tampil dua kali bersama Timnas Inggris tersebut.

Lebih lanjut, tanpa mengurangi rasa hormat, Thomas pun menyebut Arsenal harus mulai bepikir untuk mendepak sang pelatih, Arsene Wenger. Pasalnya, sudah satu dekade lemari trofi juara The Gunners tidak ada tambahan trofi juara Liga Primer Inggris.

"Wenger memang sudah punya catatan fantastis selama menangani Arsenal, tapi saya rasa dia seharusnya tidak di sana lagi karena sudah lama tidak memberi gelar utama bagi Arsenal," pungkasnya.

Sekadar informasi, Arsenal sendiri saat ini menempati peringkat enam klasemen sementara Liga Primer Inggris. Dari total 24 pertandingan, Mesut Ozil dkk hanya mampu mengoleksi 42 poin, berselisih 23 poin dari Manchester City di puncak klasemen.