Liga Indonesia

Persija ke Final Piala Presiden, Menpora Beri Himbauan ke Jakmania

Selasa, 13 Februari 2018 14:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

Persija Jakarta telah memastikan tiket babak final Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan PSMS Medan dengan agregat 5-1 di Stadion Manahan, Solo. Untuk itu, Macan Kemayoran akan bermain di kota sendiri pada partai puncak 17 Februari 2018 mendatang di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Hal tersebut pun lantas mendapat perhatian dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Dirinya mengimbau agar siapa pun yang nantinya memakai Stadion GBK termasuk Persija dengan pendukungnya, Jakmania harus bisa merawat stadion kebanggaan Indonesia itu.

© Media Persija
Pemain Persija Jakarta merayakan gol. Copyright: Media PersijaPersija Jakarta berhasil merebut tikel babak final Piala Presiden 2018.

Bukan tanpa sebab memang, mengingat Stadion GBK baru saja direnovasi dengan menghabiskan anggaran yang besar untuk keperluan Asian Games 2018.

"GBK ini stadion yang cukup megah dan kebanggan nasional, untuk itu siapa pun yang memakai, menonton saya kira wajib merawat menjaga dengan baik dan saya sangat optimis suporter saat ini sudah betul-betul berubah," buka Menpora.

"Sekarang sudah ada perbaikan dan kesadaran masif bahwa stadion itu milik kita bersama dan pasti akan dijaga keamanan, kenyamakan dan kebersihan. Beberapa pertandingan di sana juga tidak terlalu berarti soal seperti itu (kekhawatiran rusak)," imbuhnya.

Cak Imam menyatakan ia percaya Jakmania akan bertindak sebagai tuan rumah yang baik. Karenanya, Menpora tidak khawatir berlebihan, namun tetap memberikan himbauan agar semua suporter yang datang pada 17 Februari 2018 nanti bisa menjaga aset bangsa dalam hal ini fasilitas di Stadion GBK.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Situasi dalam stadion Gelora Bung Karno yang akan digunakan laga persahabatan antara Timnas Indonesia vs Islandia pada Minggu (14/01/18) mendatang. Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGelora Bung Karno menjadi lokasi laga final Piala Presiden 2018.

"Apalagi Jakmania sebagai tuan rumah di Jakarta, pasti mereka akan merawat dengan baik. Saya tidak khawatir, saya sangat optimistis suporter hari ini sudah berubah dan apa yang dilakukan oleh suporter akan berkonsekuensi pada klub," tegas Imam Nahrawi.

Imbauan Menpora tersebut memang berdasar, pasalnya saat Stadion GBK digunakan pada laga Timnas Indonesia vs Islandia maupun Bhayangkara FC vs FC Tokyo, ada segelintir penonton yang tidak mampu menjaga sikap.

Mereka kedapatan berdiri di atas bangku, padahal bangku di Stadion GBK sudah menggunakan single seat sesuai standar internasional dan harganya tidak murah.

Di sisi lain, Persija masih menunggu siapa calon lawan di babak final Piala Presiden. Macan Kemayoran menanti pemenang duel antara Bali United vs Sriwijaya FC. Kedua tim saat ini masih memiliki peluang yang sama lantaran di leg pertama bermain imbang 0-0 di Stadion Jakabaring, Palembang. Laga semifinal kedua baru akan berlangsung pada 14 Februari 2018 nanti.

943