Liga Indonesia

Bek Kanan Bali United Sempat Kebingungan di TC Timnas U-23

Senin, 26 Februari 2018 02:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Pemusatan latihan Timnas U-23 memang telah berakhir, Sabtu (24/02/18) kemarin di Lapangan ABC Senayan, Jakarta. Namun, masa karantina selama seminggu tersebut menyisakan cerita tersendiri untuk bek Bali United, I Made Andhika Wijaya. 

Bek kanan tersebut secara polos mengakui jika ia sempat kebingungan di pemusatan latihan. Andhika mengatakan saat pertama kali datang dan latihan, ia bahkan tidak tahu apa yang dilakukan. Rupanya hal itu didasari pelatih Luis Milla yang menggunkan instruksi bahasa Spanyol. 

Absennya asisten pelatih, Bima Sakti yang izin mengambil lisensi A AFC di Sawangan, Depok membuat Andhika sempat terasing. Beruntung, ia kemudian secara perlahan beradaptasi, apalagi dibantu rekannya Ilija Spasojevic yang berperan sebagai penerjemah dadakan di latihan.

"Sebenarnya hampir sama dengan di Bali United juga latihannya, tapi saya harus butuh adaptasi karena Luis Milla pakai bahasa Spanyol dan coach Bima juga izin kan, jadi saya agak bingung," akunya seraya tertawa.

"Sedikit bingung di sini, gak tau juga sempat seperti itu karena materi latihannya juga kan sedikit berbeda tiap pelatih," sambungnya.

Andhika Wijaya memang baru sekali merasakan bergabung dalam pemusatan latihan Timnas U-23, berbeda dengan beberapa rekannya di Bali United seperti Ricky Fajrin, Ilija Spasojevic hingga Yabes Roni yang kerap menjadi langganan Luis Milla.

© INDOSPORT/Rudi Khaizan
Andhika Wijaya meminta maaf atas penalti yang disebabkan olehnya. Copyright: INDOSPORT/Rudi KhaizanAndhika Wijaya meminta maaf atas penalti yang disebabkan olehnya.

Untuk itu, Andhika mengatakan ia enggan memikirkan persaingan di Timnas Indonesia. Baginya kesempatan dipanggil ke Timnas harus dimanfaatkan dengan baik untuk belajar dan menimba pengalaman seperti yang dipesan oleh ayahnya, I Made Pasek Wijaya yang juga merupakan pelatih Bali United.

"Saya tidak berpikir tentang persaingan di Timnas karena saya utamakan dulu belajar dan tambah pengalaman. Pesan ayah harus kerja keras dan jangan takut bersaing," tutupnya.

Usai menjalani latihan di Timnas U-23, kini Andhika Wijaya sudah berkumpul dengan Bali United dan telah berada di Filipina untuk menjalani laga kedua Piala AFC melawan Global Cebu FC, di Stadion Cebu City Sports Complex, Filipina, pada Selasa (27/02/18). 

187