x

Setelah Pelatih dan Manajemen, Manchester United Rencanakan 'Penampakan' Stadion Baru

Sabtu, 16 April 2022 17:38 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Stadion Old Trafford akan direnovasi oleh Manchester United.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Manchester United, akan memiliki banyak hal baru. Ya, pelatih, staf, pemain dan jajaran manajemen Setan Merah akan memiliki wajah baru.

Semua hal tersebut dilakukan demi bangkitnya Manchester United. Namun satu hal baru yang cukup mengejutkan banyak penggemar adalah perombakan Old Trafford.

Baca Juga

Hal tersebut bahkan sudah dikonfirmasi melalu situs resmi klub. Dalam pengumuman disebutkan bahwa pihak klub sudah membentuk tim dan akan segera melakukan renovasi secepatnya.

Manchester United juga akan segera menunjuk ahli arsitektur untuk membangun ulang markas kebanggan mereka.

Ahli arsitektur tersebut merupakan arsitek yang pernah menangani stadion Tottenham Hotspur yakni perusahaan Populous. Mereka juga akan bekerja sama dengan Legends International sebagai konsultan.

Baca Juga

Legends International saat ini juga menangani pengembangan stadion Real Madrid dan Barcelona serta pernah terlibat saat pemugaran Anfield pada 2016 silam.

Rencana besar itu diprediksi akan menghabiskan dana tak kurang dari Rp3,7 triliun. Manchester United saat ini telah memulai proyek dengan membenahi tempat latihan dengan menggandeng KSS sebagai mitra mereka.

Manajemen akan melibatkan seluruh komponen yang ada, mulai dari konsultan, para fans, dan petinggi klub. Hal itu dilakukan untuk menciptkan rasa kesatuan semua pihak.

Baca Juga

Sejak era Liga Inggris, Old Trafford telah mengalami beberapa ekspansi, sekaligus menobatkan Manchester United sebagai salah satu klub dengan luas tanah terbesar di Inggris.

Manajemen juga sedang mempertimbangkan untuk merombak South Stand, yang lokasinya terlalu dekat dengan stasiun kereta bawah tanah.


1. Old Trafford Merupakan Stadion Penuh Sejarah

Manchester United punya sejarah panjang di Old Trafford. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Bila membahas Manchester United maka tak bisa terlepas dari Old Trafford. Pasalnya, stadion iitu pernah ‘angker’ bagi semua tim tamu.

The Theatre of Dreams dirancang oleh arsitek Skotlandia bernama Archibald Leitch, yang kemudian diresmikan pada 19 Februari 1910.

Baca Juga

Manchester United sendiri harus menerima pil pahit saat debut di stadion baru. Pasalnya, mereka harus menelan kekalahan 3-4 atas Liverpool.

Old Trafford juga pernah digunakan bersama dengan Manchester City pada periode 1941-1949 di mana kala itu mereka harus kehilangan markas akibat bom Perang Dunia.

Old Trafford beberapa kali mengalami perombakan. Karena memang pada rancangan awalnya, stadion ini disiapkan untuk menanmpun 100 ribu penonton.

Baca Juga

Saat ini Old Trafford mampu menampung 75.643 penonton. Hal itu menjadikan Old Trafford sebagai stadion sepak bola terbesar ketiga di Inggris, serta ke-13 di Eropa.

Sejauh ini, Old Trafford telah menyajikan berbagai pertandingan bergengsi. Di antaranya Piala Dunia 1966, Piala Eropa 1996, dan tempat dihelatnya partai final Liga Champions 2003.

Keunikan lain yang dimiliki dari stadion ini, adalah tokoh-tokoh penting yang memiliki andil besar bagi klub, dibuatkan patungnya di sekitar stadion.

Baca Juga

Di antaranya adalah patung Sir Alex Ferguson, yang telah mempersembahkan berbagai gelar juara dan mengantarkan Manchester United ke masa jayanya.

Selain itu terdapat patung dari tiga legenda Manchester United, yakni George Best, Denis Law, dan Bobby Charlton, yang menghadap ke arah stadion.


2. Old Trafford Telah Kalah Canggih

Manchester United punya sejarah panjang di Old Trafford. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Sudah bukan rahasia lagi, Old Trafford menjadi rumah kebanggaan bagi Manchester United selama 112 tahun dan merupakan salah satu stadion paling terkenal dalam sejarah sepak bola.

Dulunya, Old Trafford terdepan di Inggris dalam hal fasilitas stadion berkelas dunia dan menawarkan berbagai layanan yang memanjakan para pendukung Man United dan pengunjung pada umumnya.

Namun dalam dekade terakhir, markas Setan Merah itu mulai bobrok. Popularitasnya bahkan kalah jauh dari stadion baru Tottenham Hotspur yang resmi dibuka pada 9 April 2019 lalu.

Kursi penonton juga disebut kurang mengakomodasi antusiasme fans. Sehingga manajemen pun bertindak untuk segera merealisasikan rencana pemugaran Old Trafford menjadi stadion yang modern.

Bahkan beberapa waktu lalu, Manchester United juga dikabarkan berencana menghancurkan Old Trafford dan membangun kembali dengan stadion baru dan canggih seperti milik Tottenham Hotspur.

Baca selengkapnya: Mulai Akrab dengan Tim Lawan, Manchester United Bakal Hancurkan Stadion Old Trafford

Manchester UnitedTottenham HotspurLiga Primer InggrisOld TraffordStadion Old TraffordLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini