x

RedBird Jadi Beli AC Milan? Ini yang Akan Terjadi pada Liverpool dan Pemiliknya

Sabtu, 21 Mei 2022 11:49 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
RedBird dikabarkan makin dekat miliki klub Liga Italia, AC Milan. Foto: REUTERS/Alberto Lingria.

INDOSPORT.COM - ‘Perang’ antara Investcorp dan RedBird Capital dalam perburuan klub Liga Italia, AC Milan, masih belum menemui titik akhir.

Sebelumnya, Investcorp tampil sebagai calon pembeli pertama yang mencuat ke permukaan dalam beberapa waktu terakhir.

Baca Juga

Saat itu, santer beredar kabar bahwa investor asal Bahrain berminat mengambil alih AC Milan dari Elliott Management.

Tidak main-main, nilai akuisisi yang ramai diberitakan konon mencapai angka fantastis 1,1 miliar euro atau sekitar Rp15,5 triliun.

Diwartakan Sempre Milan, Investcorp adalah perusahaan dana investasi global yang fokus pada lini bisnis berupa ekuitas swasta, real estate, infrastruktur, manajemen kredit, dan modal strategis.

Baca Juga

Meski Investcorp sudah sangat ramai dibicarakan dan memiliki prioritas dalam negosiasi, belum ada kesepakatan apa pun yang berhasil dijalin oleh kedua belah pihak.

Sampai kemudian, muncul ‘pendatang’ baru dalam perburuan ini yakni RedBird Capital, yang membeli 10 persen saham Fenway Sports Group (FSG), pemilik Liverpool, senilai 570 juta dolar AS tahun lalu.

RedBird Capital sendiri merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang juga pemilik klub Ligue 2 Prancis, Toulouse FC.

Baca Juga

Selain itu, RedBird Capital juga disebut-sebut memiliki saham di klub basket dan baseball. Ya, calon investor yang satu ini bukanlah nama baru di dunia olahraga.

Persaingan Investcorp dan RedBird pun masih jadi buah bibir di kalangan penikmat sepak bola Italia. Namun mau tidak mau, hanya ada satu nama yang akan tampil sebagai pemenang dalam perburuan ini.


1. RedBird di Atas Angin

RedBird dikabarkan makin dekat miliki AC Milan. Foto: REUTERS/Alberto Lingria.

Sebelumnya, Paolo Scaroni selaku presiden klub pun mengonfirmasi langsung jika ada dua tawaran yang ingin mengambil alih AC Milan meski tidak menyebut secara gamblang siapa yang dimaksud.

"Saya tidak tahu masalah kritis apa pun dengan Investcorp,” kata Scaroni kepada Sky Sport Italia.

Baca Juga

“Yang saya tahu adalah bahwa ada dua tawaran dan butuh waktu untuk menyelesaikan perimeter dokumen, memahami, dan membandingkan dua proposal," jelasnya.

Meski tidak banyak yang bisa dikorek dari Paolo Scaroni, sejumlah kabar yang beredar di Italia ramai menyebut RedBird Capital ternyata lebih unggul dari Investcorp.

Apalagi, Elliott Management selaku pemilik AC Milan saat ini kabarnya sudah kesal dengan Investcorp usai calon investor asal Bahrain itu menyampaikan sebuah ultimatum.

Baca Juga

Menurut rumor yang berkembang, mereka memberi tengat waktu pada Elliott Management, yang dianggap mengulur-ngulur waktu setelah muncul peminat baru yakni RedBird Capital.

Padahal, Investcorp sudah menyiapkan beberapa hal untuk mencaplok saham mayoritas AC Milan, termasuk menggandeng pengacara dan lain-lain.

Hanya saja, menurut laporan Tuttosport, Elliott Management konon tidak senang dengan ultimatum tersebut, terlebih mereka juga tidak terlihat buru-buru ingin menjual AC Milan.

Baca Juga

Dengan situasi ini, peluang RedBird Capital untuk menikung Investcorp pun jadi bahan pembicaraan publik yang sangat menarik.

Lantas, apa yang akan terjadi kepada Fenway Sports Group (FSG) dan Liverpool apabila RedBird Capital jadi mengambil alih AC Milan?


2. Nasib Liverpool dan FSG

RedBird Capital Partners merupakan pemilih saham 10 persen di FSG. Foto: Reuters/Carl Recine.

Seperti diketahui, RedBird Capital Partners merupakan pemilih saham 10 persen di FSG yang notabene pemilik klub Liga Inggris, Liverpool.

Namun seperti diwartakan laman Liverpool Echo, keberhasilan mengakuisisi AC Milan nantinya tidak akan berpengaruh banyak terhadap posisi RedBird Capital sebagai pemilik saham FSG.

Baca Juga

AC Milan dan Liverpool pun masih bisa berkompetisi ‘bersama’ di Liga Champions karena tidak ada jerat larangan dari UEFA selaku badan penyelenggara turnamen.

Terpisahnya investasi RedBird Capital di FSG dengan kepemilikan Liverpool secara langsung, diyakini tidak akan jadi masalah.

Pasalnya, mereka juga tidak memiliki satu pun perwakilan di jajaran petinggi/manajemen Liverpool saat ini, maupun punya andil dalam hal-hal yang berkaitan dengan operasional klub.

Baca Juga

Baik AC Milan dan Liverpool sudah dipastikan turut ambil bagian di gelaran Liga Champions musim 2022-2023.

Keduanya dipastikan finis di dua posisi teratas klasemen liga masing-masing dan sampai sekarang masih berjuang untuk meraih gelar juara.

AC Milan dijadwalkan bersua Sassuolo di partai terakhir Serie A Liga Italia, sedangkan Liverpool akan berhadapan dengan Wolverhampton Wanderers.

Baca Juga

Sama-sama klub dengan tradisi juara dan punya sejarah hebat di Eropa, agaknya bakal sangat ‘keren’ jika AC Milan dan Liverpool jadi ‘saudara jauh’ dengan RedBird Capital sebagai benang merahnya.

Akankah hal ini jadi kenyataan nantinya?

LiverpoolAC MilanLiga ItaliaFenway Sports GroupAC Milan NewsBerita Liga ItaliaOne Football

Berita Terkini