x

Dari 64 Pemain, Ini 5 Debutan Tersukses Jurgen Klopp di Liverpool

Kamis, 29 September 2022 23:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat sepak terjang lima debutan tersukses Jurgen Klopp di Liverpool. Foto: REUTERS/Lee Smith.

INDOSPORT.COM - Tidak terasa, kurang lebih tujuh tahun sudah Jurgen Klopp menangani klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool.

Sebelumnya, pelatih asal Jerman tersebut diketahui memiliki masa kontrak yang akan berakhir pada tahun 2024.

Baca Juga

Namun belum lama ini ia membuat para suporter tersenyum usai memutuskan memperpanjang masa baktinya hingga 2026.

“Saya akan tinggal dua tahun lagi,” ucapnya dalam video pengumuman yang diunggah Liverpool di laman media sosialnya.

“Banyak yang saya cintai tentang tempat ini. Saya sudah tahu [banyak hal] sebelum datang, tahu lebih banyak lagi saat sampai, dan sekarang lebih dari itu,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi klub.

Baca Juga

Selama menangani Liverpool, Jurgen Klopp yang diwarisi skuad ‘nyaris juara’ milik Brendan Rodgers telah melakukan banyak perubahan.

Karena bagaimanapun juga, pada saat itu ia dihadapkan pada tugas berat menangani tim yang sedang membidik gelar juara Liga Inggris - namun belum kesampaian juga.

Meski cukup memakan waktu, kesabaran para petinggi klub dan juga suporter akhirnya membuahkan hasil.

Baca Juga

Trofi demi trofi pun disumbangkan Jurgen Klopp untuk Liverpool. Klub yang awalnya sudah sangat kelaparan ini, mendadak kekenyangan berkat asupan gelar yang dibawa sang manajer.

Kesuksesan tersebut, tentu saja diperoleh melalui proses, termasuk memasukkan pemain-pemain baru ke skuad. 


1. Sadio Mane dan Trent Alexander-Arnold

Sadio Mane saat masih berseragam Liverpool. Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images.

Menurut data This Is Anfield, sejak 2015, Jurgen Klopp sudah mendebutkan 64 pemain ke skuad besutannya, entah itu yang datang dari klub lain maupun mereka yang berasal dari akademi.

Tentu saja, tidak semua debutan tersebut berhasil menggondol kesuksesan setelah bermain untuk The Reds.

Baca Juga

Namun tidak sedikit pula yang tampil luar biasa dan menjadi bagian penting dalam kesuksesan Jurgen Klopp di Liverpool. Nah untuk itu, mari simak lima di antaranya berikut ini.

2016 - Sadio Mane

Dibawa Jurgen Klopp dari Southampton dan pertama kali debut untuk Liverpool di pertandingan kontra Arsenal.

Sadio Mane yang awalnya pemain ‘biasa-biasa saja’ di Southampton, berkembang pesat di Liverpool dan menjadi salah satu senjata serang mematikan The Reds bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Baca Juga

Selain itu, pemain yang baru saja hengkang ke Bayern Munchen ini juga mencicipi kesuksesan masif bersama Timnas Senegal saat ia berseragam Liverpool.

2016 - Trent Alexander-Arnold

Meski saat ini sedang terseok-seok bersama Timnas Inggris, Trent Alexander-Arnold tetap ‘jagoan’ di mata Jurgen Klopp dan para suporter Liverpool.

Ia kini menjelma sebagai andalan di pos bek kanan setelah didebutkan di laga melawan Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Statusnya sebagai putra asli Liverpool sekaligus jebolan akademi The Reds, tidak ayal membuat Trent Alexander-Arnold makin disayang oleh publik Anfield.

Kini, posisinya sebagai bek kanan The Reds masih sangat sulit untuk digusur. Pesaing terdekatnya saat ini mungkin ‘hanya’ Calvin Ramsay yang baru merapat dari Aberdeen bulan Juli lalu.

 

2. Dari Mohamed Salah hingga Luis Diaz

Pemain Liverpool, Mohamed Salah. Foto: Gaston Szermann/DeFodi Images via Getty Images.

2017 - Mohamed Salah (Watford)

Tidak butuh waktu lama bagi pemain yang satu ini untuk langsung ngegas di tim barunya. Hal tersebut ia buktikan saat debut melawan Watford.

Dalam pertandingan itu, ia mencetak gol yang membawa The Reds meraih hasil imbang melawan The Hornets.

Baca Juga

Bahkan, pesepak bola asal Mesir tersebut selalu mencatatkan rekor impresif saat awal musim. Ia tidak pernah absen mencetak gol di laga pembuka Liga Inggris, termasuk musim ini di parta kontra Fulham.

Kini, lima tahun setelah momen debutnya, Mohamed Salah masih jadi andalan Liverpool untuk urusan mencetak gol.

2018 - Virgil van Dijk (Everton)

Satu lagi debutan Jurgen Klopp yang meraih kesuksesan besar bersama Liverpool. Ia masih tembok kokoh di pos bek tengah The Reds hinga detik ini.

Baca Juga

Bahkan, absennya Virgil van Dijk karena cedera beberapa waktu lalu sempat membuat Jurgen Klopp pusing - meski ia memilki deputi yang tidak terlalu buruk, yakni Joe Gomez dan Joel Matip.

2022 - Luis Diaz (Cardiff)

Memang cukup sulit hanya memasukkan lima nama ke daftar debutan tersukses Jurgen Klopp selama menangani Liverpool.

Namun jika harus memilih satu yang terakhir, Luis Diaz mungkin nama yang layak dipertimbangkan. Ia mengawali karier bersama The Reds dengan catatan yang terbilang positif.

Baca Juga

Selain mampu mencetak gol, mantan pemain FC Porto ini juga patut diberi thumbs up lantaran bisa beradaptasi dengan cepat di skuad Jurgen Klopp.

Kini, hanya tinggal menunggu waktu saja sampai Luis Diaz menasbihkan dirinya sebagai salah satu senjata ampuh Liverpool selepas kepergian Sadio Mane dan naik turunnya performa Roberto Firmino.

LiverpoolJurgen KloppLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini