x

Bedah Formasi AC Milan dengan Roberto Firmino: Fleksibilitas Adalah Kunci

Kamis, 20 Oktober 2022 15:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Liverpool, Roberto Firmino, dikaitkan dengan klub Liga Italia, AC Milan. Foto: Reuters/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Menerawang formasi AC Milan jika pemain Liverpool, Roberto Firmino, merapat ke Liga Italia (Serie A).

Selama beberapa tahun terakhir, pemain yang akrab disapa Bobby ini memegang peran penting di skuad The Reds milik Jurgen Klopp.

Baca Juga

Ia merupakan salah satu saksi evolusi The Reds dari masa ke masa hingga menjadi tim sukses seperti sekarang. Kutukan tiga dekade tidak juara Liga Inggris pun berhasil dipatahkan.

Roberto Firmino beserta Mohamed Salah dan Sadio Mane pun lantas menjelma sebagai salah satu kombinasi trio mematikan di Eropa.

Akan tetapi, keputusan klub mendatangkan Diogo Jota dan Darwin Nunez membuat kans Bobby untuk masuk starting line up makin menipis.

Baca Juga

Tidak ayal, desas-desus soal nasib masa depannya di Liverpool kemudian menjadi tanda tanya besar. Apakah ia akan tetap bertahan meski tanpa jaminan starter?

Opsi yang lain, tentu saja angkat kaki dari Liverpool dan mencari tempat berlabuh yang lebih baik. Ia pun saat ini tengah dikaitkan dengan raksasa Liga Italia, AC Milan.

Berdasarkan laporan Calciomercato yang dimuat di laman Caught Offside, peraih scudetto 2021-2022 tersebut ingin mendatangkan Bobby di bursa transfer musim panas mendatang.

Baca Juga

Sebuah skenario yang sangat mungkin terjadi, mengingat bintang Timnas Brasil tersebut akan habis kontrak pada Juni 2023.

Dengan demikian, AC Milan dan sejumlah klub Eropa yang berminat pada Roberto Firmino diizinkan melakukan lobi untuk kemudian menyegel kesepakatan prakontrak pada bulan Januari mendatang.


1. Roberto Firmino di AC Milan

Pemain Liverpool, Roberto Firmino, dikaitkan dengan klub Liga Italia, AC Milan. Foto: Reuters/Phil Noble.

Dengan mendatangkan Roberto Firmino, AC Milan bisa memperkuat strategi serang mereka, setelah di bursa transfer lalu juga mendatangkan Divock Origi dari klub yang sama.

Seperti diketahui, Rossoneri saat ini sedang membidik sejumlah amunisi anyar untuk anggota pasukan serang Stefano Pioli.

Baca Juga

Mendatangkan Roberto Firmino, AC Milan terlihat mengadopsi strategi transfer sang rival, Juventus, yakni memboyong pemain top yang kontraknya segera berakhir.

Berdasarkan poin tersebut, Bobby merupakan bidikan yang tepat karena ia juga berstatus top skor Liverpool di Liga Inggris saat ini dengan 6 gol.

Jumlah tersebut, berselisih cukup jauh dengan pemain The Reds lainnya termasuk Luis Diaz, Darwin Nunez, dan Mohamed Salah yang baru mencetak 2 gol.

Baca Juga

Tambahan Amunisi Pasukan Serang

Jika merapat ke AC Milan, Roberto Firmino akan menjadi tambahan aset yang sangat berharga untuk skuad Stefano Pioli.

Bukan hanya bisa mencetak gol, ia juga bisa dimainkan di berbagai posisi di sepertiga lapangan akhir. Dengan kata lain, Bobby adalah sosok pemain yang cukup fleksibel.

Baca Juga

Fleksibel

Fleksibilitas yang dimiliki Bobby bakal jadi berkah tersendiri bagi klub mana saja yang nanti mendapat servisnya - termasuk Liverpool apabila ia memilih bertahan.

Ia sudah sangat fasih bermain sebagai penyerang tengah saat bermain dengan diapit Mohamed Salah dan Sadio Mane di Liverpool.

 


2. AC Milan Bakal Diuntungkan

Pemain Liverpool, Roberto Firmino, dikaitkan dengan klub Liga Italia, AC Milan. Foto: Reuters/Phil Noble.

Di sisi lain, Roberto Firmino pernah bermain sebagai gelandang serang, bahkan second striker pada musim-musim terakhirnya di Hoffenheim dan saat awal-awal bergabung dengan Liverpool.

Setelah sampai di Liverpool pun, pemain yang kini berusia 31 tahun tersebut tidak langsung nyetel di tim barunya.

Baca Juga

Apalagi, kala itu The Reds sempat mengalami transisi juru taktik dari Brendan Rodgers ke Jurgen Klopp.

Meski mendapat nomor punggung 9, peran dan permainan Roberto Firmino ternyata berbeda dari striker The Reds sebelum-sebelumnya, bahkan secara umum.

Ia adalah pemain nomor 9 yang tidak segan bergerak mundur atau bahkan merebut bola saat timnya kehilangan possession.

Baca Juga

Dengan demikian, jumlah raihan gol bukan lagi tolak ukur untuk menilai penampilan Roberto Firmino secara keseluruhan.

AC Milan pun bisa memanfaatkan kemampuan Roberto Firmino bermain di sejumlah posisi ini sebaik mungkin musim depan, termasuk menempatkannya di skema 4-2-3-1.

Jika tidak bermain striker tunggal, ia bisa berada di belakang Olivier Giroud, seperti dalam taktik yang dipakai Jurgen Klopp saat menghadapi Manchester City belum lama ini.

Baca Juga

Namun yang jelas, pemain fleksibel dipastikan akan sangat bermanfaat bagi AC Milan dan Stefano Pioli nantinya.

Perkiraan formasi AC Milan dengan Roberto Firmino:

Maignan; Calabria, Kalulu, Tomori, Hernandez; Tonali, Bennacer; Leao, Firmino, Saelemaekers (atau Brahim Diaz jika dipermanenkan); Giroud.

Sumber: caughtoffside.com

LiverpoolAC MilanJurgen KloppRoberto FirminoLiga ItaliaBerita Liga ItaliaOne Football

Berita Terkini