x

Jude Bellingham OTW, Liverpool Bisa Sambil Lirik Gelandang Asal Afrika Ini

Senin, 23 Januari 2023 18:09 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, masih terus dikaitkan dengan target idamannya di bursa transfer, Jude Bellingham. Foto: REUTERS-Lee Smith.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, masih terus dikaitkan dengan target idamannya di bursa transfer, Jude Bellingham.

Ketertarikan mereka terhadap pemain muda Borussia Dortmund tersebut memang bukan rahasia lagi di kancah sepak bola Eropa.

Berita seputar perekrutannya pun makin santer terdengar setelah The Reds mengalami krisis musim ini.

Seperti diketahui, setelah tampil digdaya di Inggris dan Eropa dengan membawa pulang banyak gelar bersama Jurgen Klopp, Jordan Henderson dkk justru tampil terseok-seok musim ini.

Bahkan hingga memasuki Januari 2023, mereka hanya mampu bertengger di peringkat 9 klasemen dengan 29 poin.

Baca Juga

Dari 19 pertandingan yang sudah dilakoni, Liverpool mencatatkan 8 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 6 kekalahan.

Namun terlepas dari angka-angka memprihatinkan di klasemen tersebut, Jurgen Klopp juga punya PR lain yang tidak kalah penting untuk skuatnya - mendatangkan gelandang di bursa transfer.

Baca Juga

Ketersediaan pemain di pos gelandang ini pun menjadi isu lama yang belum kunjung beres karena Liverpool untuk sekarang masih bertahan dengan para pemain lawasnya.

Meski Jordan Henderson dan James Milner adalah veteran, usia mereka sudah tidak muda lagi. Thiago Alcantara meski seorang maestro, rawan mengalami cedera.

Sementara itu, Harvey Elliott, Stefan Bajcetic, dan Fabio Carvalho masih membutuhkan jam terbang, sedangkan Naby Keita terkadang tidak bisa diandalkan. 

Baca Juga

1. Bisa Sekalian Lirik Gelandang Lain

Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, masih terus dikaitkan dengan target idamannya di bursa transfer, Jude Bellingham.

Kedatangan Jude Bellingham ke Liverpool pun bakal sangat dinanti publik mengingat Liverpool sudah sangat dikenal sebagai ‘penggemar’ sang pemain.

Akan tetapi, jika harus mendatangkan nama lain untuk mengisi stok gelandang atau bahkan menjadi partner Jude Bellingham, Jurgen Klopp mungkin bisa melirik pemain asal Tunisia ini.

Ia adalah Ellyes Skhiri yang saat ini bermain untuk klub Liga Jerman, FC Koln.

Laman liverpool.com meyakini gelandang Timnas Tunisia kelahiran Prancis ini sebagai sosok yang tepat untuk didatangkan bersama Jude Bellingham maupun sebagai alternatifnya.

Ellyes Skhiri merupakan opsi yang lebih meyakinkan ketimbang sang pesakitan Arthur Melo, yang belum lama ini terdepak ke Liverpool U-21.

Baca Juga

Bicara soal bursa transfer, Ellyes Skhiri sudah pernah dikaitkan dengan kepindahan ke Liga Inggris beberapa waktu lalu.

Apalagi, dengan sisa kontrak yang tinggal lima bulan lagi, ia mungkin sedang mencari pelabuhan baru untuk tempatnya melanjutkan karier.

Baca Juga

Dengan penampilan yang apik di Bundesliga Jerman, termasuk mencetak dua gol dan satu assist saat melawan Werder Bremen, ia tidak menunjukkan tanda-tanda kemunduran dalam rapornya musim ini.

Selain itu, ia memiliki angka yang lebih baik dengan 86 persen long pass completed, dibandingkan 71 persen yang dicatat Jude Bellingham.

Ellyes Skhiri bahkan berlari lebih jauh dari Jude Bellingham dengan rataan 251 yard (229,514 meter) dalam satu pertandingan.

Baca Juga
 

2. Mengenal Ellyes Skhiri

Profil singkat Ellyes Skhiri yang saat ini bermain untuk FC Koln.

Ellyes Joris Skhiri lahir di Prancis 25 tahun lalu, namun memilih membela Tunisia, negara asal sang ayah.

Meski begitu, pemain yang satu ini tumbuh dewasa dan meniti karier sepak bolanya di Prancis, negara asal sang ibu.

Ia merupakan produk akademi Montepellier yang debut di Ligue 1 Liga Prancis bersama tim utama pada 2015, sebelum merapat ke FC Koln pada 2019.

Kini, ia pun sering digadang-gadang sebagai sang maestro lapangan tengah di skuat Steffen Baumgart.

Ia punya kemampuan beradaptasi sebagai gelandang bertahan tunggal maupun double six. Ia dinilai unggul di kedua-duanya.

Hanya saja, jika harus memilih satu kualitas terbaiknya sebagai gelandang, skill long passing-nya lah yang memang menonjol.

Bahkan, tidak cuma arsitek di lapangan tengah, ia juga mampu menembus pertahanan lawan dengan aksi lari dan dribel yang apik.

Dengan usia yang sedikit lebih tua dari Jude Bellingham, nilai pasar Ellyes Skhiri mungkin tidak terlalu mencekik atau membuat Liverpool menelan ludah.

Nilainya saat ini pun ditaksir sekitar Rp225 miliar, terpaut cukup jauh dengan Jude Bellingham yang dilabeli sampai Rp1,7 triliun.

Di Bundesliga Jerman 2022-2023, Ellyes Skhiri telah tampil di 15 pertandingan FC Koln dan dimainkan sebagai gelandang bertahan.

Sumber: liverpool.com, bulinews.com

Bursa TransferLiverpoolBorussia DortmundBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer PemainJude BellinghamOne Football

Berita Terkini