Keren! Cetak Rekor dan Jadi Raja Angkat Besi, Eko Yuli Sukses Raih Emas di SEA Games 2023

Minggu, 14 Mei 2023 10:50 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Chris Graythen/Getty Images
Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan berhasil menjadi raja kelas angkat besi usai catatkan rekor di SEA Games 2023. Copyright: © Chris Graythen/Getty Images
Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan berhasil menjadi raja kelas angkat besi usai catatkan rekor di SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM – Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan berhasil menjadi raja kelas angkat besi usai catatkan rekor di SEA Games 2023.

Sejumlah atlet Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa dengan meraih medali di ajang dua tahunan SEA Games 2023, yang berlangsung di Kamboja pada 5-17 Mei 2023.

Eko Yuli Irawan menjadi salah satu atlet Tanah Air yang berhasil menyumbangkan medali emas di pesta olahraga bergensi tersebut.

Tak tanggung-tanggung, ia berhasil memecahkan rekor pribadi sekaligus SEA Games pada babak final 61 kg putra pada Sabtu (13/5/23) kemarin.

Eko sempat mencetak rekor yakni dengan beban angkatan 169 kg (clean and jerk) saat tampil di SEA Games 2019 di Filipina.

Namun kini ia berhasil menyempurnakan rekornya dengan beban angkatan seberat 170 kg di SEA Games 2023

Padahal, sebelumnya Eko sempat tertinggal dari para lifter negara-negara tetangga yakni John Febuar Mangurohan Ceniza dari Filipina dan Teraapat Chomchuen dari Thailand.

Pasalnya, ia sempat tidak berhasil melakukan dua angkatan di snatch, ia hanya mampu mengangkat 133 kg di upaya pertama.

Akan tetapi pada clean and jerk, Eko mencatatkan rekor baru 170 kg dan teriakan bahagia darinya pun tak terbendung serta mengalahkan upaya dari Ceniza dan Chomchuen yang masing-masing berhasil mengangkat beban 169 kg dan 165 kg.

Eko Yuli mengatakan dirinya berani membuat keputusan meski risiko besar harus dihadapinya di cabor angkat besi SEA Games 2023.