IBL

Youbel Sondakh Sabet Gelar Pelatih Terbaik IBL 2017

Minggu, 23 April 2017 11:06 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT/satria-muda
Youbel Sondakh, pelatih Satria Muda Pertamina Jakarta. Copyright: © INDOSPORT/satria-muda
Youbel Sondakh, pelatih Satria Muda Pertamina Jakarta.

Pemegang gelar tujuh kali juara Indonesian Basketball League (IBL), Satria Muda Pertamina Jakarta menampilkan permainan yang konsisten di sepanjang musim 2017 ini. Tidak hanya mampu menembus babak semifinal IBL 2017, Satria Muda juga tampil mengejutkan selama babak reguler.

Tercatat sejak musim reguler dimulai pada 20 Januari 2017 lalu, Tyreek Jewell dkk hanya sekali saja menderita kekalahan, yakni saat melawan JNE Siliwangi Bandung pada 11 Maret 2017 lalu.

Dengan catatan gemilang tersebut, pelatih Satria Muda , Youbel Sondakh pun secara resmi disahkan sebagai pelatih terbaik atau Coach of The Year IBL 2017. Penghargaan itu diberikan pada Youbel sebelum timnya melakoni laga kedua semifinal IBL 2017 melawan CLS Knights Surabaya di Britama Arena, Jakarta pada Sabtu (22/04/17) kemarin.

© Istimewa
Youbel Sondakh Copyright: IstimewaYoubel Sondakh menjadi pelatih terbaik IBL 2017.

Pelatih kelahiran 19 Agustus 1984 tersebut mampu menyabet gelar pelatih terbaik 2017 setelah dari segi penilaian, ia mampu mengungguli tiga nama lain yang menjadi kandidat, yakni A.F. Rinaldo (W88.News Aspac Jakarta), Bisih (pelatih Pacific Caesar), dan Mayckel Ferdinandus (NSH Jakarta).

Adapun penentuan gelar pelatih terbaik dan penghargaan-penghargaan lain di IBL didasarkan pada penilaian yang melibatkan 15 media peliput IBL 2017.

Selain Youbel, salah satu pemain Satria Muda juga ada yang menerima penghargaan, yaitu Juan Laurent Kokodiputra. Pebasket berpostur 193 cm tersebut dinobatkan sebagai Rookie of the Year. Ia mengungguli  Nuke Saputra (Pacific Caesar) dan Cassiopeia Thomas Manuputty (Satya Wacana Salatiga).