Sapu Bersih Kemenangan, Tim Putra Indonesia Jadi Juara Grup

Jumat, 1 Desember 2017 23:00 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Indonesia versus Srilanka. Copyright: © INDOSPORT/Abdurrahman.R
Indonesia versus Srilanka.

Tim Putra Basket 3x3 Indonesia berhasil menyapu bersih empat pertandingan dengan hasil memuaskan. Rivaldo Tandra dkk melibas lawan-lawannya dan meraih empat kemenangan. 

Menjadi pertandingan pembuka test event Asian Games 2018 Basket 3x3 Tim Putra Indonesia berhadapan dengan Vietnam. Di pertandingan pertama ini Tim Putra Indonesia yang belum menemukan chemistry permainan, cukup direpotkan oleh Vietnam. Skor berjalan ketat sepanjang pertandingan dan tidak ada selisih angka mencolok. Namun 2 poin dari Erick Jonathan dan 2 poin dari Reza Guntara menutup pertandingan dengan skor 19-14 setelah sebelumnya berada di angka 15-14. 

Di pertandingan kedua, pemain-pemain Indonesia mulai menemukan ritme permainan dan tampil lebih lepas. Dan hasilnya Indonesia menang 16-11 melawan Sri Lanka. Permainan lepas Indonesia di pertandingan kedua juga diakui oleh kapten Indonesia, Rivaldo Tandra. "Iya, di pertandingan kedua kita mainnya lebih lepas dan lebih nyetel. Mungkin karena udah pertandingan kedua kali ya, makanya kita udah lebih kompak," ujar Rivaldo usai pertandingan melawan Sri Lanka. 

© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Indonesia versus Srilanka. Copyright: INDOSPORT/Abdurrahman.RIndonesia versus Srilanka.

Menghadapi Malaysia di pertandingan ketiga skor ketat kembali terjadi. Indonesia sempat unggul 3-1 di awal pertandingan Malaysia mampu menyamakan skor menjadi 3-3 bahkan unggul 4-4 atas Indonesia. Selanjutnya skor kembali ketat, namun di akhir pertandingan 1 poin dari Reza Guntara dan 1 poin dari Erick Gosal membawa Indonesia memenangi pertandingan dengan skor 15-13. 

Tim Putra Indonesia menjalani laga melawan saingan terberat Thailand di pertandingan terakhir. Seperti dugaan sebelumnya Indonesia sempat kesulitan di awal pertandingan bahkan tertinggal 2-0. Namun Indonesia ternyata hanya terlambat panas, segera setelah menyamakan kedudukan menjadi 2-2 Indonesia langsung tancap gas dan unggul 7-3. 

© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Indonesia versus Malaysia. Copyright: INDOSPORT/Abdurrahman.RIndonesia versus Malaysia.

Dua free throw dari Reza Guntara membawa Indonesia unggul jauh 14-6. Hingga akhirnya Indonesia menutup pertandingan dengan skor 17-10. Dengan empat kemenangan yang diraih, Tim Putra Indonesia menjadi juara grup. Di semifinal esok hari Tim Putra Indonesia akan menghadapi Malaysia yang menjadi peringkat empat setelah diluar dugaan kalah dari Sri Lanka dengan skor tipis 17-18. 

Di semifinal lainnya Thailand yang meraih tiga kemenangan dan menjadi runner-up grup akan menghadapi Sri Lanka. Sri Lanka menjadi peringkat ketiga grup usai mengalahkan Malaysia dan Vietnam. Sedangkan Vietnam sendiri tidak lolos ke semifinal setelah menderita empat kekalahan. 

Berikut hasil pertandingan beregu putra dan klasemen akhir yang telah dirangkum INDOSPORT.

Indonesia 19-14 Vietnam  
Malaysia 15-17 Thailand
Sri Lanka 11-16 Indonesia
Vietnam 15-22 Malaysia
Malaysia 17-18 Sri Lanka
Thailand 21-9 Vietnam
Sri Lanka 11-21 Thailand
Indonesia 15-13 Malaysia
Thailand 10-17 Indonesia 
Vietnam 13-21 Sri Lanka 

Tim Win  Lose
Indonesia 4 0
Thailand  3 1
Sri Lanka  2 2
Malaysia  1 3
Vietnam 0 4