Kalahkan Malaysia Timnas Putri Indonesia Raih Medali Emas Basket 3x3

Sabtu, 2 Desember 2017 22:42 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Tim Putri Indonesia meraih medali emas. Copyright: © INDOSPORT/Abdurrahman.R
Tim Putri Indonesia meraih medali emas.

Timnas basket putri Indonesia berhasil menggondol gelar juara 3x3 dalam ajang test even Asian Games yang berlangsung di Center Court GBK (Tenis Outdoor) Senayan, Sabtu (02/12/17). Tim Merah Putih mengalahkan rival dari negara tetangga, Malaysia dengan skor tipis 13-12.

Sebelum meraih juara, Timnas putri Indonesia terlebih dahulu menyingkirkan Thailand di babak semifinal dengan skor 15-11. Sedangkan Malaysia maju ke partai penentuan setelah menundukkan Vietnam 20-12. 

Partai final berlangsung cukup seru dengan saling kejar mengejar angka. Malaysia nampaknya merasa di atas angin lantaran di laga penyisihan grup, Jumat (01/12/17) kemarin berhasil mengalahkan Jovita Elizabeth dkk dengan skor 14-10. 

© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Indonesia versus Malaysia Copyright: INDOSPORT/Abdurrahman.RIndonesia versus Malaysia.

Rupanya kekalahan tersebut kemudian melecutkan semangat pemain Indonesia untuk membalas hasil kurang mengenakan kemarin. Kapten Timnas Putri Indonesia, Agustin Elya mengaku tidak grogi meski Malaysia mempunyai pengalaman yang lebih baik.

"Grogi sih enggak yah walau di final. Tetapi memang cukup ketat karena Malaysia lebih berpengalaman, permainan dan pergerakan juga oke. Namun, kalau kita berusaha Tuhan akan kasih hasil," ujarnya usai memastikan gelar juara.

Lebih lanjut, Agustin juga menyatakan siap dipanggil kapan pun jika dibutuhkan di Timnas meski sebenarnya ia lebih terbiasa dengan nomor pertandingan basket normal 5x5. 

© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Selebrasi kemenangan Tim Putri Indonesia. Copyright: INDOSPORT/Abdurrahman.RSelebrasi kemenangan Tim Putri Indonesia.

"Saya biasa main 5 on 5, tapi kalau Indonesia butuh saya main 3x3 saya siap. Karena ini soal membela nama bangsa Indonesia," tegasnya.

Sebagai informasi, ajang test event basket 3x3 putri diikuti oleh empat negara yakni Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Ajang ini merupakan bagian dari persiapan PN Perbasi untuk menghadapi event empat tahunan, Asian Games 2018.